Pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah fluida statis siswa kelas XI MAN 3 Malang / Febrina Indriani
Main Author: | Indriani, Febrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18512/ |
Daftar Isi:
- IndrianiFebrina.2014.PengaruhPembelajaranGroupInvestigation(GI)TerhadapKemampuanMemecahkanMasalahFluidaStatisSiswaKelasXIMAN3Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd(II)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd.KataKuncikemampuanmemecahkanmasalahmodelGImodelkonvesional.MatapelajaranfisikadiSMAsangatpentinguntukdiberikandansebagaisaranamemupuksikapilmiahmengembangkankemampuanbernalardanberpikiranalisisgunamenyelesaikanmasalahsecarakualitatifdankuantitatif.Faktanyadarihasilwawancarayangtelahdilakukanpembelajaranmasihditekankanpadakegiatandemonstrasipresentasikelasdisertaitanyajawablatihansoaldanpenugasan.Haliniberdampakpadarendahnyakemampuanberkomunikasidanbersosialisasisiswadanrendahnyakemampuansiswadalammengaplikasikanpengetahuanyangdimilikiuntukmenyelesaikanpermasalahanyangkompleks.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikelasyangmemilikikemampuanmemecahkanmasalahfisikalebihtinggiantarakelasyangdibelajarkandenganmodelGIdengankelasyangdibelajarkandenganmodelkonvensional.PenelitianinimenggunakanjenisrancanganQuasiEksperimentdengandesainPosttestOnlyControlGroupDesign.PenelitiandilakukandiMAN3Malangsemestergenaptahunajaran2013/2014antarabulanFebruarisampaiApril2014denganpopulasisiswakelasXI-IPAyangterdiridari5kelassedangkansampelnyadiambilduakelasyangdigunakansebagaikelaseksperimen(XI.IPA2)dankelaskontrol(XI.IPA1)denganteknikpurposivesampling.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniterdiridariinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenpengukuranterdiridari6soalkemampuanmemecahkanmasalahdalambentuksoaluraiandenganreliabilitassebesar0.77.Sebelumdatadianalisismelaluiujitdataharusdiujiterlebihdahulumelaluiujiprasyaratanalisisdatadanujikesamaankemampuanawal.Hasilujihipotesismenggunakanuji-tdiperolehbahwathitung2.122.01(t58.05)makaH0ditolakdanHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaankemampuanmemecahkanmasalahfisikaantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranGIdengansiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensional.SelanjutnyaberdasarkanhargareratakelaseksperimenX773_158.5049.73(X773_2).Sehinggadapatdisimpulkanbahwakelaseksperimenmemilikikemampuanmemecahkanmasalahfisikalebihtinggidaripadakelaskontrol.