Pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah fluida statis siswa kelas XI MAN 3 Malang / Febrina Indriani

Main Author: Indriani, Febrina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/18512/
Daftar Isi:
  • IndrianiFebrina.2014.PengaruhPembelajaranGroupInvestigation(GI)TerhadapKemampuanMemecahkanMasalahFluidaStatisSiswaKelasXIMAN3Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd(II)Drs.BambangTahanSungkowoM.Pd.KataKuncikemampuanmemecahkanmasalahmodelGImodelkonvesional.MatapelajaranfisikadiSMAsangatpentinguntukdiberikandansebagaisaranamemupuksikapilmiahmengembangkankemampuanbernalardanberpikiranalisisgunamenyelesaikanmasalahsecarakualitatifdankuantitatif.Faktanyadarihasilwawancarayangtelahdilakukanpembelajaranmasihditekankanpadakegiatandemonstrasipresentasikelasdisertaitanyajawablatihansoaldanpenugasan.Haliniberdampakpadarendahnyakemampuanberkomunikasidanbersosialisasisiswadanrendahnyakemampuansiswadalammengaplikasikanpengetahuanyangdimilikiuntukmenyelesaikanpermasalahanyangkompleks.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikelasyangmemilikikemampuanmemecahkanmasalahfisikalebihtinggiantarakelasyangdibelajarkandenganmodelGIdengankelasyangdibelajarkandenganmodelkonvensional.PenelitianinimenggunakanjenisrancanganQuasiEksperimentdengandesainPosttestOnlyControlGroupDesign.PenelitiandilakukandiMAN3Malangsemestergenaptahunajaran2013/2014antarabulanFebruarisampaiApril2014denganpopulasisiswakelasXI-IPAyangterdiridari5kelassedangkansampelnyadiambilduakelasyangdigunakansebagaikelaseksperimen(XI.IPA2)dankelaskontrol(XI.IPA1)denganteknikpurposivesampling.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniterdiridariinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenpengukuranterdiridari6soalkemampuanmemecahkanmasalahdalambentuksoaluraiandenganreliabilitassebesar0.77.Sebelumdatadianalisismelaluiujitdataharusdiujiterlebihdahulumelaluiujiprasyaratanalisisdatadanujikesamaankemampuanawal.Hasilujihipotesismenggunakanuji-tdiperolehbahwathitung2.122.01(t58.05)makaH0ditolakdanHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaankemampuanmemecahkanmasalahfisikaantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranGIdengansiswayangdibelajarkandenganmodelkonvensional.SelanjutnyaberdasarkanhargareratakelaseksperimenX773_158.5049.73(X773_2).Sehinggadapatdisimpulkanbahwakelaseksperimenmemilikikemampuanmemecahkanmasalahfisikalebihtinggidaripadakelaskontrol.