Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada okok bahasan impuls dan momentum untuk siswa SMA kelas XI IPA / Miftachul Choiriyah

Main Author: Choiriyah, Miftachul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/18503/
Daftar Isi:
  • ChoiriyahMiftachul.2013.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)FisikaBerbasisREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)padaPokokBahasanImpulsdanMomentumUntukSiswaSMAKelasXIIPA.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaJurusanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)KadimMasjkurDrs.M.Pd(2)YudyantoDrs.M.Si.KataKuncipengembanganlembarkegiatansiswafisikaSMAREACTImpulsdanMomentum.12288122881228812288Fisikamasihmenjadipelajaranyangdianggapkurangmenyenangkandansulitdipahamiolehsebagainbesarsiswa.Ketikamengerjakansoal-soalfisikasiswamerasakesulitandanmelakukankesalahan.Kesulitaninibisadisebabkandarifaktorinternalsiswaataupunfaktoreksternal.Faktorinternalbisaberupakurangnyamotivasibelajarsiswa.Faktoreksternalbisapadaprosespembelajaranyangkurangmendukungsiswauntukberprosesaktifmembangunsendiripengetahuannyamengaitkandengankehidupannyatadanmenerapkanpengetahuanpadakonteksbaru.DalamhaliniLKSberbasisREACTdapatmenjadialternatifsumberbelajarbagisiswa.PenulisberharapLKSREACTdapatmembantupesertadidikuntukbelajarsehinggamampumenguasaimateriImpulsdanMomentum.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandanpengembangandengantujuanuntukmengembangkandanmengetahuikelayakanLKSberbasisREACTpadapokokbahasanImpulsdanMomentum.12288122881228812288PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangdisusundenganmemodifikasisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBorgdanGall.Penelitianinimengacupadamodelpenelitianproseduraldeskriptif.Padapenelitianinidiambil3tahapanutamayangdilaksanakanmeliputi(1)tahapstudipendahuluanyangterdiridari(a)studikepustakaandan(b)pengamatanlapangan(2)tahappengembanganyangterdiridari(a)penyusunandraftawal(b)validasiparaahlidan(c)evaluasidanrevisidraftproduk(3)Pengujianyangterdiridari(a)ujicobaterbatas(b)revisiakhirproduk.UjikelayakanpadaaspekisidankonstrukdilakukanolehahlidibidangnyayangterdiridaritigaoranggurufisikaSMA.UjicobaterbatasdilakukandikelasXIIPA-CSMAN2Tubanyangterdiridari31siswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenangketvalidasidanangketresponsiswa.Jenisdatapenelitianterdiridaridatakuantitatifberupapenilaiandankualitatifberupakomentardansaran.12288122881228812288BerdasarkananalisisdatahasilpenilaianLKSberbasisREACTdarivalidatormenggunakantekniknilairata-ratadiperolehnilairata-ratakelayakansebesar330yangtermasukpadakriterialayak.Darianalisishasilujicobaterbataspada31siswaSMAdiperolehnilairata-ratakelayakan337yangmemenuhikriterialayak.