Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP / Bagus Setiawan

Main Author: Setiawan, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1850/
Daftar Isi:
  • KataKunciklarifikasinilaikesadaranakannilaikepeduliancontohkasus.Kepedulianjarangdijumpaipadaanakyangberadadalammasapuber.Nilaikepeduliansebenarnyaadapadadirimerekaakantetapikesadaranuntukmemunculkannyamasihkurang.Padahaldenganmeningkatkankesadaranuntukpedulimerekabelajarbagaimanamengenaldiridanlingkungannyacerdasbaikdalamemosimaupunakademissehinggaterhindardarimasalah-masalahyangumumnyadialamiremajaterkaitdenganhubungansosialsertakenakalanremaja.Klarifikasinilai(valuesclarification)memberipenekananpadausahamembantusiswadalammengkajiperasaandanperbuatannyasendiriuntukmeningkatkankesadaranmerekatentangnilai-nilaimerekasendiri.Dalamprosesklarifikasinilaisiswaterlibatsecaraaktifsiswamengembangkanpemahamandanpengenalannyaterhadapnilai-nilaipribadimengambilkeputusandanbertindaksesuaidengankeputusanyangtelahdiambil.Dalampenelitianiniteknikklarifikasinilaiyangdigunakanadalahdenganmemberikancontohkasussebagaibahanbacaan.Adapuntahap-tahapnyaadalahpembagiancontohkasusrefleksiisidanrefleksidiripengembangankomitmenujicobakomitmendanrefleksipengalaman.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankesadaranakannilaikepeduliansiswaSMP.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswaSMPberjumlah10siswa.MetodepengumpulandatapenelitianiniadalahpenelitianeksperimenonegrouppretestposttestalatyangdigunakanberupaskalakesadaranakannilaikepeduliansiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuan.DatayangsudahterkumpuldianalisisdenganmenggunakanstatistiknonparametrikujiwilcoxondanberdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwaklarifikasinilaidenganmenggunakancontohkasusefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaikepeduliansiswaSMP.Halinidapatdilihatdarikenaikanskorpadaposttesdiakhirpertemuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)dalammengaplikasikanteknikinikonselorharusmempersiapkanbahanbacaanyangsesuaidenganusiakelompokeksperimendancontohkasusyangdiberikanlebihbaikmengenaimasalahyangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehari-hari.(2)padapenelitiselanjutnyasebelummelakukankegiatanpenelitiandisarankanmelakukankegiatanneedassesmentterlebihdahulumengenaikasus-kasusapasajayangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehar-haridenganteteapmenyesuaikandengankesadaranyangakanditingkatkan.