Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP / Bagus Setiawan
Main Author: | Setiawan, Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1850/ |
Daftar Isi:
- KataKunciklarifikasinilaikesadaranakannilaikepeduliancontohkasus.Kepedulianjarangdijumpaipadaanakyangberadadalammasapuber.Nilaikepeduliansebenarnyaadapadadirimerekaakantetapikesadaranuntukmemunculkannyamasihkurang.Padahaldenganmeningkatkankesadaranuntukpedulimerekabelajarbagaimanamengenaldiridanlingkungannyacerdasbaikdalamemosimaupunakademissehinggaterhindardarimasalah-masalahyangumumnyadialamiremajaterkaitdenganhubungansosialsertakenakalanremaja.Klarifikasinilai(valuesclarification)memberipenekananpadausahamembantusiswadalammengkajiperasaandanperbuatannyasendiriuntukmeningkatkankesadaranmerekatentangnilai-nilaimerekasendiri.Dalamprosesklarifikasinilaisiswaterlibatsecaraaktifsiswamengembangkanpemahamandanpengenalannyaterhadapnilai-nilaipribadimengambilkeputusandanbertindaksesuaidengankeputusanyangtelahdiambil.Dalampenelitianiniteknikklarifikasinilaiyangdigunakanadalahdenganmemberikancontohkasussebagaibahanbacaan.Adapuntahap-tahapnyaadalahpembagiancontohkasusrefleksiisidanrefleksidiripengembangankomitmenujicobakomitmendanrefleksipengalaman.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankesadaranakannilaikepeduliansiswaSMP.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahsiswaSMPberjumlah10siswa.MetodepengumpulandatapenelitianiniadalahpenelitianeksperimenonegrouppretestposttestalatyangdigunakanberupaskalakesadaranakannilaikepeduliansiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuan.DatayangsudahterkumpuldianalisisdenganmenggunakanstatistiknonparametrikujiwilcoxondanberdasarkanhasilanalisisdapatdisimpulkanbahwaklarifikasinilaidenganmenggunakancontohkasusefektifuntukmeningkatkankesadaranakannilaikepeduliansiswaSMP.Halinidapatdilihatdarikenaikanskorpadaposttesdiakhirpertemuan.Beberapasaranyangperludipertimbangkandalampenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)dalammengaplikasikanteknikinikonselorharusmempersiapkanbahanbacaanyangsesuaidenganusiakelompokeksperimendancontohkasusyangdiberikanlebihbaikmengenaimasalahyangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehari-hari.(2)padapenelitiselanjutnyasebelummelakukankegiatanpenelitiandisarankanmelakukankegiatanneedassesmentterlebihdahulumengenaikasus-kasusapasajayangseringdijumpaisiswadalamkehidupansehar-haridenganteteapmenyesuaikandengankesadaranyangakanditingkatkan.