Pengembangan modul interaktif IPA terpadu berbasis 5E learning cycle pada tema energi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII semester 2 / Nurul Firdausi
Main Author: | Firdausi, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18478/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModulinteraktifIPATerpadupadaTemaEnergi5ELeaningCyclePrestasiBelajar.BerdasarkanhasilpenelitiansebelumnyaditemukanbahwaprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPAcenderungrendahdikarenakanpembelajaranIPAbelumdilaksanakansecaraterpadusesuaidenganstandarisimatapelajaranIPASMP(KoesH201049).UntukmengatasipermasalahantersebutdikembangkanmodulinteraktifIPATerpaduberbasis5ELearningCyclepadatemaenergidenganbeberapakeistimewaanyangberbedadenganproduksebelumnyaantaralain(1)menggunakanpembelajarantematik(2)modulberbasiskomputer(3)dikembangkandenganmodel5ELearningCycle(4)dilengkapidenganvirtuallaboratorydan(5)menggunakanpengantarbahasainggris.DiharapkandenganmodulinteraktifiniprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPAsemakinmeningkat.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembangan(RD)yangmengacupadaDickCareyandCarey(2009).Pengembanganterdiridaritigatahapyaitutahapidentifikasitahappengembangandantahapevaluasisertarevisi.Instrumenpengambilandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenevaluasiahlidankuesionerevaluasisatu-satu.Penilaianterhadapprodukpenelitiandilakukandenganevaluasiahlidanujicobaterbatasuntukmengetahuitingkatketerbacaanprodukmenurutpengguna.Datahasilpenilaianberupadatakuantitatifdankualitatif.DatakuantitatifdiperolehberdasarkanpenilaianpadainstrumenevaluasiahlidenganskalaLikert.Datakualitatifdiperolehdarikomentardansaranahlimateridanahlimedia.Hasilpenelitiandideskripsikansebagaiberikut.MenurutahlimateridanahlimediamodulinteraktifinidinilaicukuplayakdigunakandalampembelajaranIPA.SedangkanmenurutguruIPASMPmoduldinilailayakuntukdigunakandalampembelajaranIPA.Produkinijugatelahdirevisiberdasarkankomentardansaranparaahlidanpengguna.HasildariujicobaterbataskepadasiswaSMPmenunjukkanbahwapenggunaanmodulinidapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.ProdukpengembanganiniperluditindaklanjutidenganujicobasecaraeksperimentaluntukmengetahuiefektifitaspenggunaanprodukterhadappeningkatanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPA.