Penerapan model Problem Based Learnig (PBL) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang / Putri Wulandari
Main Author: | Wulandari, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18473/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelProblemBasedLearning(PBL)kemampuankognitifBerdasarkanhasilobservasidikelasVIII-GSMPNegeri9Malangkemampuankognitifsiswamasihrendah.HasilUTSsiswamenunjukkan63%siswamampumenguasaisoalpadalevelC1dan27%siswamampumenguasaisoalpadalevelC2.Selainitu70%siswamampumenguasaisoalyangberhubungandenganpengetahuanfaktualdan17%siswamampumenguasaisoalyangberhubungandenganpengetahuankonseptual.Prosespembelajaranmasihbersifatkonvensional.Perluadanyaperubahanmodelpembelajarandariteacher-centeredmenujupembelajaranstudent-centered.OlehkarenaitupenelitimemilihmodelProblemBasedLearning(PBL)untukmeningkatkankemampuankognitifsiswa.PenelitiantindakankelasinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelProblemBasedLearning(PBL)untukmeningkatkankemampuankognitifsiswadarilevelC1sampaiC4danmendeskripsikanpeningkatankemampuankognitifsiswakelasVIII-GSMPNegeri9MalangselamapembelajarandenganmodelPBL.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Pengumpulandatadilakukandenganobservasipre-testdanpost-testdandokumentasi.Analisisdatadilakukansecarakualitatifyangdimulaidarireduksidatadisplaydataevaluasidanrefleksi.AnalisisdatakuantitatifjugadigunakanuntukmenghitungpersentasepeningkatankemampuankognitifdanketerlaksanaanpembelajaranPBL.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehbahwaketerlaksanaanpembelajaranPBLyangdilakukanolehgurupadasiklusIdansiklusIIadalah100%terlaksanasedangkankegiatanyangdilakukanolehsiswapadasiklusIpertemuanke-1sebesar888%terlaksanadanpertemuanke-2adalah938%terlaksanapadasiklusIIpertemuanke-3adalah946%terlaksanadanpertemuanke-4adalah978%terlaksana.ModelpembelajaranPBLdapatmeningkatkankemampuankognitifsiswa.HalinidapatdilihatdaripeningkatannilaigainscorepadasiklusI065danpadasiklusII080.JikaditinjaudarisetiapleveljugaterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusII.SetelahdiberitindakanpadasiklusIdanIIkemampuankognitifsiswauntuklevelC1meningkatdari937%menjadi955%levelC2meningkatdari747%menjadi825%levelC3meningkatdari725%menjadi792%danlevelC4meningkatdari70%menjadi788%.Sedangkanuntukdimensipengetahuandiperolehdatabahwapengetahuanfaktualmenurundari896%menjadi888%pengetahuankonseptualmeningkatdari498%menjadi781%danpengetahuanproseduralmengalamipenurunandari943%menjadi854%.