Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT materi bunyi untuk siswa kelas VIII SMP / Putri Purbosari
Main Author: | Purbosari, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18469/ |
Daftar Isi:
- PurbosariPutri.2013.PengembanganBahanAjarFisikaBerbasisREACTMateriBunyiuntuksiswaKelasVIIISMP.SkripsiProgramStudiPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.EndangPurwaningsihM.Si(II)Drs.KadimMasjkurM.Pd.KataKuncibahanajarREACTbunyiBahanajaryangdigunakandisekolahsedikitmengaitkanmateridalamkehidupansehari-haritampilanbahanajarhanyahitamputihsajaisibahanajarlebihbanyakmemberikaninformasibukanmengajaksiswamenemukankonsep.Diperlukanbahanajaryangdapatmenuntunsiswauntukmenemukankonsepmenerapkankonsepdalamkehidupansehari-haridanmelatihsiwauntukaktifberpikir(mindson)danbertindaksecarafisik(handson).PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarfisikaberbasisREACTmateribunyiuntuksiswaSMPkelasVIII.Bahanajaryangdikembangkanmenggunakanmodelpembelajarandimanasiswadapatmengkonstrukkonsepsecaramandiri.UntukitudipilihbahanajaryangdisusunberdasarkanmodelpembelajaranREACT.Bahanajaryangdikembangkanterdiridaribahanajarsiswadanpanduanguru.JenispenelitianyangdigunakanberupapenelitiandanpengembanganyangdikembangkanolehBorgGall.Penelitianiniterdiridari10langkahtetapidalampenelitianinihanyadiambillimalangkahmeliputi(1)studipendahuluan(2)PembuatanDraftrancanganproduk(3)pengembanganprodukvalidasi(4)Ujicobaterbatas(5)revisiprodukakhir.KelayakanbahanajardilakukanolehduadosenfisikadanduaguruSMP.Ujiketerbacaandilakukanoleh9siswa.Datayangdiperolehberupadatakuantitatifdankualitatif.datakuantitatifdiperolehdaripenilaiansubjekcobadenganskalaLikert1-4sedangkandatakualitatifdiperolehdarikomentardansaransubjekcobayangdigunakansebagaidasarrevisiprodukbahanajar.Hasilkelayakanbahanajarsiswadanpanduanguruberdasarkanhasildariahlidinyatakanvalid/layakdanadabeberaparevisi.SelesaidirevisibahanajarsiswatersebutdiujicobakandenganujiketerbacaanpadasiswaSMP.Bahanajarinihanyavalid/layaksajatetapibelumlayakdigunakankarenamasihperludiujiempirisdandiekesperimenkankesekolahlainkemudiandivalidasikanlagi.