Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Siska Puspita Dewi
Main Author: | Dewi, Siska Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18467/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingketrampilanprosessainsprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukandiSMPNegeri8MalangpembelajaranyangdilakukangurudikelasVIII-Cselalumenggunakanmetodeceramahdangurutidakpernahmelakukandemonstrasiataupercobaan.Akibatnyaketerampilanprosessainssiswatidakpernahdilatihkansehingaprestasibelajaryangdicapaisiswajugarendah.Upayauntukmengatasimasalahtersebutdiperlukanpemilihanmodelpembelajaranyangtepat.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmelatihketrampilanprosessiswaadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Modelpembelajaraninimelatihsiswauntukmengamatimengajukanpertanyaanmenggunakanalatdanbahanmengumpulkandataberkomunikasidanmembuatkesimpulan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanprestasibelajarsiswakelasVIII-CSMPNegeri8Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakanpadasemestergenaptahunajaran2012/2013dikelasVIII-CSMPNegeri8Malangyangterdiridari40siswayangterdiridari18siswalaki-lakidan22siswaperempuan.Penelitianinidilakukandalam2siklus.Setiapsiklusdilaksanakantindakandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Materiyangdiajarkanuntuksiklus1adalahpemantulancahayasedangkanuntuksiklus2adalahpembiasancahaya.AnalisisdatadilakukansecarakuantitatifdenganmenghitungpersentaseketerlaksanaanpembelajaranketrampilanprosessainsdanprestasibelajarkemudianmembandingkanantarasiklusIdansiklusII.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketrampilanprosessainsdanprestasibelajar.(1)KeterlaksanaanprosespembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingpadasiklusIdiperolehsebesar8801%dengankualifikasibaikdanpadasiklusIIsebesar91.43%dengankualifikasisangatbaik.Terjadipeningkatansebesar3.42%.(2)Penerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilanprosessainssiswa.PadasiklusIyangdiperolehpersentaserata-rata74%dengankualifikasibaikdanmenjadi7712%padasiklusIIdengankualifikasibaik.(3)Penerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanprestasibelajar.Haliniterlihatdarinilairata-ratakelassebelumdiberitindakanadalah55tessiklusIdiperolehnilairata-ratakelas723dantessiklusIIdiperolehnilai796.Ditinjaudariketuntasannyapadaprasiklushanya20%siswayangmendapatkannilaidiatasKKMsedangkanpadasiklusImeningkatmenjadi425%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi675%.