Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang / Binti Ni'matul Khoir

Main Author: Khoir, Binti Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/18466/
Daftar Isi:
  • KataKuncilearningcycle7EprestasibelajarfisikasikapilmiahPergeseranparadigmapadaprosesbelajarmengajardiIndonesiadaribeha-vioristik(teachercentered)menjadikonstruktivis(studentcentered)menuntutsis-wauntukmembangunpemahamannyasendiri.Salahsatumodelpembelajaranyangmengikutiteorikonstruktivismeadalahlearningcycle7E.Penelitianiniber-tujuanuntukmengetahui(1)apakahsikapilmiahsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction(2)apakahpresta-sibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpem-belajarandirectinstruction.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.Po-pulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXSMAN7Malang.Tekniksampelmenggunakanpurposivesamplingsatukelassebagaikelaseksperimense-dangkanyangsatunyasebagaikelaskontrol.Instrumentpenelitianmenggunakanlembarpenilaiansikapilmiahdantespilihanganda.DatadianalisismenggunakanANAVAsatujaluryangdilanjutkandenganujiTukeyHSD.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)sikapilmiahsiswayangdibelajar-kandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkande-ngansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction(2)prestasibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction.8195