Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang / Binti Ni'matul Khoir
Main Author: | Khoir, Binti Ni'matul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18466/ |
Daftar Isi:
- KataKuncilearningcycle7EprestasibelajarfisikasikapilmiahPergeseranparadigmapadaprosesbelajarmengajardiIndonesiadaribeha-vioristik(teachercentered)menjadikonstruktivis(studentcentered)menuntutsis-wauntukmembangunpemahamannyasendiri.Salahsatumodelpembelajaranyangmengikutiteorikonstruktivismeadalahlearningcycle7E.Penelitianiniber-tujuanuntukmengetahui(1)apakahsikapilmiahsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction(2)apakahpresta-sibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpem-belajarandirectinstruction.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.Po-pulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXSMAN7Malang.Tekniksampelmenggunakanpurposivesamplingsatukelassebagaikelaseksperimense-dangkanyangsatunyasebagaikelaskontrol.Instrumentpenelitianmenggunakanlembarpenilaiansikapilmiahdantespilihanganda.DatadianalisismenggunakanANAVAsatujaluryangdilanjutkandenganujiTukeyHSD.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)sikapilmiahsiswayangdibelajar-kandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkande-ngansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction(2)prestasibelajarfisikasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle7Elebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandirectinstruction.8195