Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VII-C SMP Negeri 2 Malang / Novita Larasati
Main Author: | Larasati, Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18454/ |
Daftar Isi:
- LarasatiNovita.2013.PenerapanModelPembelajaranThe5-ELearningCycleUntukMeningkatkanKetrampilanProsesdanPrestasiBelajarFisikaKelasVIICSMPNegeri2Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.WartonoM.Pd.(2)SugiyantoS.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranThe5-ELearningCycleKetrampilanProsesSainsPrestasiBelajarHasilobservasiyangdiperolehpenelitidikelasVIICSMPNegeri2MalangmenyatakanbahwaPrestasiBelajarSiswadanKetrampilanProsesSiswarendah.RendahnyaPrestasiBelajardidukungolehKetrampilanProsesSiswayangrendahpula.RatarataKetrampilanProsesyangdidapatkanberdasarkanobservasilangsungsebesar345%saja.Rendahnyaketrampilanprosessiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswadisebabkanpembelajaranyangdilaku-kanolehgurubersumberpadaguru(teachercentered)denganmenggunakanceramahtanpamelibatkankerjasiswa.BerdasarkanwawancaradenganguruFisikaketuntasanprestasibelajaryangdiukurdariduakalinilaiUlanganharianditambahsatukalinilaitugasdibagi3didapatkan325%sajayangmemenuhinilaiKKMyangtelahditetapkanolehsekolah.Tujuanpenelitianiniuntukme-ningkatkanketrampilanprosessiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswapadamatapelajaranfisikadalampembelajaranThe5E-LearningCycle.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri2Malangmulaitanggal20Maret2013sampai02Mei2013.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIICSMPNegeri2Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelasdilaksanakandalam2siklus.Modelpembelajaranyangdigunakandalampene-litianiniadalahmodelpembelajaranThe5-ELearningCycledenganmateriGerak.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.KesimpulanpenelitianiniadalahpembelajaranThe5-ELearningCycledapatmeningkatkanketrampilanprosessainssiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswakelasVIICSMPNegeri2MalangpadamateriGerak.PertamaketerlaksanaanpembelajaranThe5-LearningCyclemengalamipeningkatandaritindakanSiklusIsebesar733%menjadisebesar85%padatindakanSiklusII.Keduapeningkatanrata-rataKetrampilanProsespadaSiklusIsebesar639%danmengalamipeningkatanrata-ratapadaSiklusIIsebesar786%untukkeseluruhannya.AspekSubKetrampilanProsesyangdiambilmeliputimenga-matimemprediksimengenalivariabelmenyusunhipotesismengukurmende-finisikanvariabelmerancangpenelitianbereksperimenmengkomunikasikandanmenyimpulkan.KetigapenerapanmodelThe5-LearningCyclejugadapatmeningkatkanPrestasiBelajarSiswa.PrestasiBelajarSiswaranahkognitifmengalamipening-katandariSiklusIsebesar7306danmeningkatpadaSiklusIIsebesar782.