Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VII-C SMP Negeri 2 Malang / Novita Larasati

Main Author: Larasati, Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18454/
Daftar Isi:
  • LarasatiNovita.2013.PenerapanModelPembelajaranThe5-ELearningCycleUntukMeningkatkanKetrampilanProsesdanPrestasiBelajarFisikaKelasVIICSMPNegeri2Malang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.WartonoM.Pd.(2)SugiyantoS.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranThe5-ELearningCycleKetrampilanProsesSainsPrestasiBelajarHasilobservasiyangdiperolehpenelitidikelasVIICSMPNegeri2MalangmenyatakanbahwaPrestasiBelajarSiswadanKetrampilanProsesSiswarendah.RendahnyaPrestasiBelajardidukungolehKetrampilanProsesSiswayangrendahpula.RatarataKetrampilanProsesyangdidapatkanberdasarkanobservasilangsungsebesar345%saja.Rendahnyaketrampilanprosessiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswadisebabkanpembelajaranyangdilaku-kanolehgurubersumberpadaguru(teachercentered)denganmenggunakanceramahtanpamelibatkankerjasiswa.BerdasarkanwawancaradenganguruFisikaketuntasanprestasibelajaryangdiukurdariduakalinilaiUlanganharianditambahsatukalinilaitugasdibagi3didapatkan325%sajayangmemenuhinilaiKKMyangtelahditetapkanolehsekolah.Tujuanpenelitianiniuntukme-ningkatkanketrampilanprosessiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswapadamatapelajaranfisikadalampembelajaranThe5E-LearningCycle.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri2Malangmulaitanggal20Maret2013sampai02Mei2013.SubjekpenelitianyaitusiswakelasVIICSMPNegeri2Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelasdilaksanakandalam2siklus.Modelpembelajaranyangdigunakandalampene-litianiniadalahmodelpembelajaranThe5-ELearningCycledenganmateriGerak.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.KesimpulanpenelitianiniadalahpembelajaranThe5-ELearningCycledapatmeningkatkanketrampilanprosessainssiswadanprestasibelajarranahkognitifsiswakelasVIICSMPNegeri2MalangpadamateriGerak.PertamaketerlaksanaanpembelajaranThe5-LearningCyclemengalamipeningkatandaritindakanSiklusIsebesar733%menjadisebesar85%padatindakanSiklusII.Keduapeningkatanrata-rataKetrampilanProsespadaSiklusIsebesar639%danmengalamipeningkatanrata-ratapadaSiklusIIsebesar786%untukkeseluruhannya.AspekSubKetrampilanProsesyangdiambilmeliputimenga-matimemprediksimengenalivariabelmenyusunhipotesismengukurmende-finisikanvariabelmerancangpenelitianbereksperimenmengkomunikasikandanmenyimpulkan.KetigapenerapanmodelThe5-LearningCyclejugadapatmeningkatkanPrestasiBelajarSiswa.PrestasiBelajarSiswaranahkognitifmengalamipening-katandariSiklusIsebesar7306danmeningkatpadaSiklusIIsebesar782.