Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika kelas X / Nurhayati

Main Author: Nurhayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/18437/
Daftar Isi:
  • KataKunciBahanajarCAIFisikaberbasismasalahkemampuanberpikirkritisKompetensiabad21menghendakipembelajaranyangmenuntunsiswauntukberkemampuankreatifinovatifberpikirkritis.Dalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadibutuhkanbahanajar.Bahanajaryangberedardipasaranmasihkurangsesuaiuntukmendukungpembelajaranyangdemikian.OlehsebabitudiperlukanpenelitianpengembanganterhadapbahanajarFisika.PenelitianinidilaksanakanuntukmenghasilkanprodukyaitubahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction)FisikauntukSMAKelasXsertamengujikelayakanbahanajartersebutmelaluiujivalidasi.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan.Instrumenyangdigunakanadalahangketyangdiisiolehahli(DosendanGuru).Validasiolehahliditujukanuntukmengukurkelayakanmateridanmedia.Selainitudilakukanpulaujicobalapanganterhadapketerbacaanbahanajaryangdikembangkankepada9siswaSMAkelasXyangtelahmenempuhmaterioptikgeometridanalatoptik.Datayangdiperolehdarihasilujivalidasisertaujicobalapanganterhadapketerbacaanmenghasilkandatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdarihasilpengisianangketolehahlimateridanmedia.Datakualitatifdiperolehdarisaranyangdiberikanolehparaahlisertaujicobalapanganterhadapketerbacaanolehsiswa.Hasilpenelitianmenunjukanbahwabahanajaryangdihasilkantermasukdalamkategoricukuplayakdarisegimateridanmedia.Bahanajarbelumdapatdigunakandalampembelajarandikelas.BahanajarCAIiniperludiujisecaralebihlanjutyaitudenganadanyaujiempirikterhadapbahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction).Ujiempirikinidapatdilakukanmelaluiujipelaksanaanlapanganpenyempurnaanprodukakhirsertadiseminasi/penyebarandanimplementasi/digunakandalampembelajarankelas.KelebihandaribahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction)yangdikembangkanantaralaindisusunberdasarkankurikulumKTSPSMAdandisesuaikandengankebutuhandankeinginansiswadangurumenyajikanpermasalahandiawaldanterdapatlembaraktivitasuntukmembuktikanhipotesisyangtelahdituliskan.KekurangandaribahanajarantaralainlembaraktivitastidakdapatdilakukandidalamsoftwareCAImembutuhkanperangkatkhususyaknikomputersehinggapenggunamenjadilebihterbatasjumlahlatihankurangsertaruanglingkupmateriterbatas.