Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika kelas X / Nurhayati
Main Author: | Nurhayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18437/ |
Daftar Isi:
- KataKunciBahanajarCAIFisikaberbasismasalahkemampuanberpikirkritisKompetensiabad21menghendakipembelajaranyangmenuntunsiswauntukberkemampuankreatifinovatifberpikirkritis.Dalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadibutuhkanbahanajar.Bahanajaryangberedardipasaranmasihkurangsesuaiuntukmendukungpembelajaranyangdemikian.OlehsebabitudiperlukanpenelitianpengembanganterhadapbahanajarFisika.PenelitianinidilaksanakanuntukmenghasilkanprodukyaitubahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction)FisikauntukSMAKelasXsertamengujikelayakanbahanajartersebutmelaluiujivalidasi.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan.Instrumenyangdigunakanadalahangketyangdiisiolehahli(DosendanGuru).Validasiolehahliditujukanuntukmengukurkelayakanmateridanmedia.Selainitudilakukanpulaujicobalapanganterhadapketerbacaanbahanajaryangdikembangkankepada9siswaSMAkelasXyangtelahmenempuhmaterioptikgeometridanalatoptik.Datayangdiperolehdarihasilujivalidasisertaujicobalapanganterhadapketerbacaanmenghasilkandatakuantitatifdankualitatif.Datakuantitatifdiperolehdarihasilpengisianangketolehahlimateridanmedia.Datakualitatifdiperolehdarisaranyangdiberikanolehparaahlisertaujicobalapanganterhadapketerbacaanolehsiswa.Hasilpenelitianmenunjukanbahwabahanajaryangdihasilkantermasukdalamkategoricukuplayakdarisegimateridanmedia.Bahanajarbelumdapatdigunakandalampembelajarandikelas.BahanajarCAIiniperludiujisecaralebihlanjutyaitudenganadanyaujiempirikterhadapbahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction).Ujiempirikinidapatdilakukanmelaluiujipelaksanaanlapanganpenyempurnaanprodukakhirsertadiseminasi/penyebarandanimplementasi/digunakandalampembelajarankelas.KelebihandaribahanajarCAI(ComputerAssistedInstruction)yangdikembangkanantaralaindisusunberdasarkankurikulumKTSPSMAdandisesuaikandengankebutuhandankeinginansiswadangurumenyajikanpermasalahandiawaldanterdapatlembaraktivitasuntukmembuktikanhipotesisyangtelahdituliskan.KekurangandaribahanajarantaralainlembaraktivitastidakdapatdilakukandidalamsoftwareCAImembutuhkanperangkatkhususyaknikomputersehinggapenggunamenjadilebihterbatasjumlahlatihankurangsertaruanglingkupmateriterbatas.