Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Group Investigation (GI) terhadap metakognisi dan prestasi belajar fisika / Alif Fingka Junarni
Main Author: | Junarni, Alif Fingka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18436/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranPBL-GIPBLkesadaranmetakognisiketerampilanmetakognisiprestasibelajar.PembelajaranFisikadiwilayahSMANgantangmasihcenderungberpusatpadagurudankesiapansiswadalambelajaryangmasihkurang.Kenyataannyasiswakesulitandalammenyelesaikanpermasalahansoalmemahamikonsepdanrumusfisikasertamenggunakanpersamaanataurumusuntukmengerjakansoal.Selainitukurangadanyainteraksiantarsiswadanmemanfaatkanmediayangada.SehinggaprestasibelajarsiswapadaranahkognitifbelummencapaiKKM(70).Inimenunjukkanbahwakesadaranmaupunketerampilanmetakognisisiswadanprestasibelajarmasihkurang.Sebenarnyagurupernahmenerapkanmodelpembelajarantertentunamuntidakdapatmeningkatkanprestasisiswa.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianberkaitandenganpengaruhmodelpembelajaranyangcocokterhadaapkesadaranmaupunketerampilanmetakognisisiswadanprestasibelajarfisika.ModelyangdimaksudkanadalahmodelpembelajaranPBLdenganGI.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuikesadarandanketerampilanmetakognisisiswadanprestasibelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranPBL-GIlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmeng-gunakanmodelpembelajaranPBLdanterdapatkorelasiantarakesadaranmaupunketerampilanmetakognisidenganprestasibelajar.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperimental).RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPretest-PosttestTwoGroupDesign.Denganmenggunakanjenissampelyaitusamplingpurposivedidapatkankelaseksperimen(XIIPA2)denganmenggunakanmodelPBL-GIdankelaskontrol(XIIPA1)denganmenggunakanmodelPBLpadamaterifluidastatis.Kesadaranmetakognisidiukurdenganmenggunakanangketkesadaranmetakognisi(MAI)keterampilanmetakognisidiukurdenganmenjawabsoalessaydenganrubrikketerampilanmetakognisi(MSI)sedangkanprestasibelajarfisikadiukurmelaluisoalpilihanganda.HasilujihipotesismenunjukkanbahwakesadaranmetakognisisiswayangbelajardenganmodelPBL-GIlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmodelPBL.KeterampilanmetakognisisiswayangbelajardenganmodelPBL-GIlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmodelPBL.PrestasibelajarsiswayangbelajardenganmodelPBL-GIlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmodelPBL.Terdapatkorelasiantarakesadaranmaupunketerampilanmetakognisidenganprestasibelajar.