Pembelajaran dengan pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPS/fisika kelas VII-F SMP Negeri 20 Malang / M. Imron Rosyad
Main Author: | Rosyid, M. Imron |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18432/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPencapaianKonsepKemampuanBertanyaKemampuanbertanyaIPA/FisikasiswakelasVII-FSMPN20Malangmasihrendahdanperluditingkatkan.Penelitianinimenerapkanpembelajarandenganmodelpencapaiankonsep.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranIPA/FisikakelasVII-FSMPN20Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tahap-tahappenelitiantindakanberupasiklusyangmeliputikegiatan1)perencanaan2)pemberiantindakan3)observasidan4)refleksi.Penelitianinidilakukanselama2siklusdikelasVII-FSMPN20Malangyangterdiridari36siswadenganmaterisuhu.Teknikpengumpulandatadilakukandenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajarandankemampuanbertanyasiswa.Kemampuanbertanyadiukurberdasarkanjumlahsiswayangmengajukanpertanyaandanskorpertanyaanskorpertanyaanterdiridariaspekkualitasbahasadanrelevansi.Analisisdatadalampenelitianinibersifatkualitatif(berupakataataukalimat).HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatankemampuanbertanyasiswakelasVII-FSMPN20Malangsetelahditerapkanmodelpembelajarandenganmodelpencapaiankonsep.Persentasesiswayangbertanyapadaobservasiawalsebesar111%meningkatmenjadi25%padasiklusIdanmeningkatlagimenjadi277%padasiklusII.PersentaseskorpertanyaansiklusIsebesar787%danmengalamipeningkatanpadasiklusIIsebesar792%.MakadalampenelitianinidapatsimpulkanbahwapembelajarandenganpencapaiankonsepdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranIPA/FisikakelasVII-FSMPN20Malang.