Pengembangan bahan ajar fisika berbasis model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) pada pokok bahasan fluida untuk siswa SMA kelas XI / Hari Anggit Cahyo Wibowo
Main Author: | Wibowo, Hari Anggit Cahyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18430/ |
Daftar Isi:
- KatakuncibahanajarfisikaXISMAREACT(relatingexperiencingapplyingcooperatingtransferring)fluida.Padaeraabad21dibutuhkansumberdayamanusiayangkreatiffleksibelmudahberadaptasijugainovatifolehkarenaitupembelajaranharusdisesuaikandengantuntutanyangada.Salahsatuupayayangdilakukanadalahmerubahmodelpembelajaranyangberpusatpadagurumenjadiberpusatkepadasiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangmampumenghasilkansumberdayamanusiakreatiffleksibelmudahberadaptasijugainovatifadalahREACT.ModelREACTmemilikibeberapakeunggulan(1)membantugurumengaitkanantaramateriyangdiajarkandengansituasinyata(2)mendorongsiswamembuathubunganantarapengetahuanyangdimilikidenganpenerapannyadalamkehidupannyata(3)mampumeningkatkanpemahamansiswaterhadapsuatumateri(4)meningkatkanaktivitassiswadalamprosespembelajaran(5)meningkatkankemampuansiswauntukdapatmentransferkonsepyangsudahiamilikikepermasalahanyanglebihkomplek.MenurutKurniawan(201239)fluidamerupakankonsepyangsangatdekatdenganfenomenayangseringditemuisiswadalamkehidupansehari-hari.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandanpengembangandengantujuanuntukmengembangkandanmengetahuikelayakanbahanajarfisikapokokbahasanfluidaberbasisREACTuntuksiswaSMAKelasXI.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangdisusundenganmemodifikasisepuluhlangkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBorgdanGallyaitu(1)studipendahuluanyangmeliputistudikepustakaandanpengamatanlapangan(2)pengembanganyangmeliputipenyusunandraftprodukvalidasiprodukdanrevisidraftprodukdan(3)ujicobayangmeliputiujicobaterbatasdanrevisidraftakhir.Penelitianinimenggunakanujikelayakan(validasi)oleh1orangdosenFisikadan2orangguruFisika.Ujicobaterbatasdilakukanoleh7orangsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenberupaangket.Jenisdatapenelitianterdiridaridatakuantitatifberupapenilaiandarivalidatordandatakualitatifberupakomentardansarandarivalidator.Kelayakanbahanajaryangdikembangkandidasarkanskala1-4dengan4adalahangkatertinggidan1angkaterendah.Berdasarkananalisisdatakuantitatifdarivalidatormenggunakanteknikrata-ratadiketahuibahanajarmemilikirata-ratakelayakansebesar348yangberartidalamkriterialayak.Berdasarkanujicobaterbatasdidapathasilanalisisrata-ratakelayakansebesar327.DengandemikianbahanajarfisikaberbasisREACTpadapokokbahasanfluidauntuksiswaSMAkelasXIsetelahdilakukanrevisipadabeberapabagianadalahlayak.