Keefektifan penggunaan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP / Aris Andrianta

Main Author: Andrianta, Aris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/1843/
Daftar Isi:
  • Katakunciklarifikasinilaikasus/masalahkesadarantanggungjawabKesadaranakantanggungjawabdapatdiartikansebagaisuatukesiagaanseseorangterhadapsuatuperistiwayangadadisekitarnyamengenaikewajibanataubebanyangharusdipenuhisebagaiakibatdariperbuatansendirimaupunsebagaiakibatperbuatanpihaklain.Klarifikasinilaidapatmeningkatkankesadarantanggungjawabkarenadalampenerapannyamemilikibeberapatahapmeliputimemilihmenghargaibertindakdanrefleksisehinggadapatmemperluaswawasansiswamengenaikeanekaragamannilai-nilaikesadarantanggungjawabsiswa.PenelitianinibertujuanmengujikeefektifanpenggunaanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankeasadarantanggungjawabsiswaSMP.Pengunaanklarifikasinilaimelaluipemberiancontohkasusdapatmeningkatkankesadarantanggungjawabpadadirisiswa.Siswayangmemilikikesadaranbertanggungjawabterhadapdirinyaialahremajayangtelahmulaidapatmengertitentangperbedaanantarabenardansalahyangbolehdandilarangyangdianjurkandandicegahyangbaikdanburukdansadarbahwadirinyaharusmenjauhisegalayangbersifatnegatifdanmencobamembinadiriuntukselalumenggunakanhal-halyangpositif.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemujenispretestposttestonegroupdesign.SubjekpenelitianadalahsepuluhorangsiswaSMPyangmemilikikriteriakesadarantanggungjawabrendahdansangatrendahyangdiukurdenganmenggunakaninventorikesadarantanggungsiswaSMP.PengumpulandatapenelitianinimenggunakaninventorikesadarantanggungjawabsiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuan.HasilpengumpulandataakandianalisisdenganmenggunakanujiWilcoxon.HasilanalisisdapatdisimpulkanbahwadalampenelitianeksperimeninipenggunaanklarifikasinilaiefektifuntukmeningkatkankesadarantanggungjawabsiswaSMPyangdapatdilihatdarikenaikanskorpadapostesdiakhirpertemuan.Saranyangperludipertimbangkansebagaiberikut(1)saranaplikasiteknikyaitudalampenggunaanklarifikasinilaiberupapemberiankasus/masalahhendaknyaperluseyogyanyamempertimbangkanhal-halsepertikesiapankonselorkesiapansiswaketersediaanwaktuuntukberdiskusiserta(2)saranpengembanganuntukpenelitiselanjutnyadapatmenggunakanteknikdanmediayangsamaakantetapimenggunakankelompokkontroldanjenispenelitiantimeseries.