Keefektifan penggunaan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP / Aris Andrianta
Main Author: | Andrianta, Aris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1843/ |
Daftar Isi:
- Katakunciklarifikasinilaikasus/masalahkesadarantanggungjawabKesadaranakantanggungjawabdapatdiartikansebagaisuatukesiagaanseseorangterhadapsuatuperistiwayangadadisekitarnyamengenaikewajibanataubebanyangharusdipenuhisebagaiakibatdariperbuatansendirimaupunsebagaiakibatperbuatanpihaklain.Klarifikasinilaidapatmeningkatkankesadarantanggungjawabkarenadalampenerapannyamemilikibeberapatahapmeliputimemilihmenghargaibertindakdanrefleksisehinggadapatmemperluaswawasansiswamengenaikeanekaragamannilai-nilaikesadarantanggungjawabsiswa.PenelitianinibertujuanmengujikeefektifanpenggunaanklarifikasinilaiuntukmeningkatkankeasadarantanggungjawabsiswaSMP.Pengunaanklarifikasinilaimelaluipemberiancontohkasusdapatmeningkatkankesadarantanggungjawabpadadirisiswa.Siswayangmemilikikesadaranbertanggungjawabterhadapdirinyaialahremajayangtelahmulaidapatmengertitentangperbedaanantarabenardansalahyangbolehdandilarangyangdianjurkandandicegahyangbaikdanburukdansadarbahwadirinyaharusmenjauhisegalayangbersifatnegatifdanmencobamembinadiriuntukselalumenggunakanhal-halyangpositif.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemujenispretestposttestonegroupdesign.SubjekpenelitianadalahsepuluhorangsiswaSMPyangmemilikikriteriakesadarantanggungjawabrendahdansangatrendahyangdiukurdenganmenggunakaninventorikesadarantanggungsiswaSMP.PengumpulandatapenelitianinimenggunakaninventorikesadarantanggungjawabsiswaSMPyangdiberikanpadaawaldanakhirperlakuan.HasilpengumpulandataakandianalisisdenganmenggunakanujiWilcoxon.HasilanalisisdapatdisimpulkanbahwadalampenelitianeksperimeninipenggunaanklarifikasinilaiefektifuntukmeningkatkankesadarantanggungjawabsiswaSMPyangdapatdilihatdarikenaikanskorpadapostesdiakhirpertemuan.Saranyangperludipertimbangkansebagaiberikut(1)saranaplikasiteknikyaitudalampenggunaanklarifikasinilaiberupapemberiankasus/masalahhendaknyaperluseyogyanyamempertimbangkanhal-halsepertikesiapankonselorkesiapansiswaketersediaanwaktuuntukberdiskusiserta(2)saranpengembanganuntukpenelitiselanjutnyadapatmenggunakanteknikdanmediayangsamaakantetapimenggunakankelompokkontroldanjenispenelitiantimeseries.