Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.A MA Mambaul Ulum Banjarejo Pagelaran Malang / Farid

Main Author: Farid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/18416/
Daftar Isi:
  • Penggunaanmetodepembelajaranyangmasihdidominasiolehceramahdalampembelajaranfisikamerupakanfaktorpenyebabkurangberkembangnyamotivasidanprestasibelajarfisikasiswa.Pembelajaranyangmemusatkankegiatannyapadaguru(techercentered)tanpamelibatkansiswauntukaktifdalamkegiatanbelajarakanmembuatsiswabosandankurangtermotivasiuntukbelajarfisika.Sehinggadiperlukanmetode-metodebelajarinovatifyangbisamelibatkankektifansiswadanbisameningkatkanmotivasibelajarfisikasiswa.Pengembangankemampuanuntukbekerjakelompoksangatpentinguntukditingkatkandalamrangkapeningkatanprestasibelajarsiswa.Halinidikarenakanmasing-masingsiswaakanmampumemecahkanpermasalahanyangmungkintidakbisaditemukansendiridengancaraberdiskusidengantemanlainyangmenjadianggotakelompoknya.SalahsatusolusiyangbisadilakukanadalahdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)denganmetodeeksperimendalamprosespembelajarandikelas.ModelpembelajaranGIdilaksanakanmelaluibeberapatahapyaitutahappengelompokanperencanaaninvestigasi(eksperimen)pengorganisasianpresentasidanevaluasi.Berdasarkantahapan-tahapanpembelajaranyangadapadamodelGIditambahdenganpelaksanaankegiataneksperimenmakaakanmampumeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelasX-AMAMambaulUlumBanjarejoPagelaranMalang.