Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.A MA Mambaul Ulum Banjarejo Pagelaran Malang / Farid
Main Author: | Farid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18416/ |
Daftar Isi:
- Penggunaanmetodepembelajaranyangmasihdidominasiolehceramahdalampembelajaranfisikamerupakanfaktorpenyebabkurangberkembangnyamotivasidanprestasibelajarfisikasiswa.Pembelajaranyangmemusatkankegiatannyapadaguru(techercentered)tanpamelibatkansiswauntukaktifdalamkegiatanbelajarakanmembuatsiswabosandankurangtermotivasiuntukbelajarfisika.Sehinggadiperlukanmetode-metodebelajarinovatifyangbisamelibatkankektifansiswadanbisameningkatkanmotivasibelajarfisikasiswa.Pengembangankemampuanuntukbekerjakelompoksangatpentinguntukditingkatkandalamrangkapeningkatanprestasibelajarsiswa.Halinidikarenakanmasing-masingsiswaakanmampumemecahkanpermasalahanyangmungkintidakbisaditemukansendiridengancaraberdiskusidengantemanlainyangmenjadianggotakelompoknya.SalahsatusolusiyangbisadilakukanadalahdenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)denganmetodeeksperimendalamprosespembelajarandikelas.ModelpembelajaranGIdilaksanakanmelaluibeberapatahapyaitutahappengelompokanperencanaaninvestigasi(eksperimen)pengorganisasianpresentasidanevaluasi.Berdasarkantahapan-tahapanpembelajaranyangadapadamodelGIditambahdenganpelaksanaankegiataneksperimenmakaakanmampumeningkatkanmotivasidanprestasibelajarfisikasiswakelasX-AMAMambaulUlumBanjarejoPagelaranMalang.