Penerapan dan model pembelajaran react berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses science dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIE SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ika Yuni Astuti
Main Author: | Astuti, Ika Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18412/ |
Daftar Isi:
- KatakunciREACTeksperimenketerampilanprosessainsprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasVIIIESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdiketahuirendahnyanilairata-ratakelasVIII-EdiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyaitusebesar63.35yangterindikasirendahnyaprestasibelajarterhadapfisika.Berdasarkanhasilwawancaradengangurupadasaatkegiatantanyajawabmerekacenderungdiamdantidakberanimenjawabpertanyaanyangdiajukanolehgurunya.Padakegiatanlaboratoriumdandiskusihampirjarangdilakukankarenaketerbatasanwaktudantempatsehinggasiswakurangterbiasabekerjasamadalamkelompok.Halinimenyebabkanketerampilanprosessainssiswamasihrendah.Tujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendikelasVIIIE2)mengetahuipeningkatanketerampilanprosessainssiswakelasVIII-EdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendan3)mengetahuipeningkatanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-EdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimen.PenelitianinimenerapkanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimenpadapembelajaranfisika.PembelajarandilaksanakanpadapokokbahasanPemantulandanPembiasan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridariperencanaanpenelitianpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIII-Esemestergenaptahunajaran2011-2012SMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangberjumlah32orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprilsampaiJuni2012.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurucatatanlapanganlembarobservasiketerampilanprosessainsdantesprestasibelajarfisika.KeterlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendicatatdalamlembarobservasikegiatangurudancatatanlapangandanpenilaianketerampilanprosessainsdicatatdalamlembarobservasiketerampilanprosessainssedangkanprestasibelajarfisikadiperolehdariteshasilbelajardiakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimenmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar76.2%kesiklusIIsebesar960%2)peningkatanketerampilanprosessainssiswasecaraklasikalyaitu652%(siklusI)menjadi863%(siklusII)3)Padaprestasibelajarfisikamenunjukkanpeningkatandari7672%(siklusI)menjadi8172%(siklusII)BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranREACTberbasisekaperimendapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-ESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.