Penerapan dan model pembelajaran react berbasis eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses science dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIE SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ika Yuni Astuti

Main Author: Astuti, Ika Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18412/
Daftar Isi:
  • KatakunciREACTeksperimenketerampilanprosessainsprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasVIIIESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdiketahuirendahnyanilairata-ratakelasVIII-EdiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyaitusebesar63.35yangterindikasirendahnyaprestasibelajarterhadapfisika.Berdasarkanhasilwawancaradengangurupadasaatkegiatantanyajawabmerekacenderungdiamdantidakberanimenjawabpertanyaanyangdiajukanolehgurunya.Padakegiatanlaboratoriumdandiskusihampirjarangdilakukankarenaketerbatasanwaktudantempatsehinggasiswakurangterbiasabekerjasamadalamkelompok.Halinimenyebabkanketerampilanprosessainssiswamasihrendah.Tujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendikelasVIIIE2)mengetahuipeningkatanketerampilanprosessainssiswakelasVIII-EdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendan3)mengetahuipeningkatanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-EdenganmenggunakanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimen.PenelitianinimenerapkanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimenpadapembelajaranfisika.PembelajarandilaksanakanpadapokokbahasanPemantulandanPembiasan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiridariperencanaanpenelitianpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIII-Esemestergenaptahunajaran2011-2012SMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangberjumlah32orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprilsampaiJuni2012.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurucatatanlapanganlembarobservasiketerampilanprosessainsdantesprestasibelajarfisika.KeterlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimendicatatdalamlembarobservasikegiatangurudancatatanlapangandanpenilaianketerampilanprosessainsdicatatdalamlembarobservasiketerampilanprosessainssedangkanprestasibelajarfisikadiperolehdariteshasilbelajardiakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)keterlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbasiseksperimenmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar76.2%kesiklusIIsebesar960%2)peningkatanketerampilanprosessainssiswasecaraklasikalyaitu652%(siklusI)menjadi863%(siklusII)3)Padaprestasibelajarfisikamenunjukkanpeningkatandari7672%(siklusI)menjadi8172%(siklusII)BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranREACTberbasisekaperimendapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-ESMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.