Penerapan model pembelajaran Program Based Learning (PBL) untuk meningkatkan proses keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII-D SMPN 7 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Sahrul Inayah

Main Author: Inayah, Sahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18405/
Daftar Isi:
  • KataKunciProblemBasedLearningketerampilanprosessainspemahamankonsepfisikaBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII-DdiSMPN7Malangditemukanbahwasiswamasihkurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.Jikadiberikesempatansiswajarangsekalibertanyaataumenyampaikangagasan.Gurulebihseringmelakukanceramahdandemonstrasidaripadamengajaksiswaikutterlibatlangsungdalammelakukanpenyelidikan.Akibatnyaketerampilanprosessainstentangketerampilanmengamatimenafsirkanmeramalkanmenggunakanalatdanbahanmenerapkankonsepmerencanakanpenelitianmengkomunikasikanmengajukanpertanyaanmasihrendah.Nilairata-rataulanganhariansiswakelasVIII-DSMPN7Malangdari34siswaadalah6559.HalinimasihdibawahKKMyangsudahditentukanyaitu75.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanketerampilanprosessainsdanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIII-DSMPN7MalangdenganpenerapanmodelpembelajaranPBL.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatankualitatif.TindakanyangdiberikanberupapenerapanmodelpembelajaranPBL.Penelitianiniterdiriatasduasiklustiapsiklusterdiriatasplan(perencanaan)act(tindakan)observe(pengamatan)danreflect(refleksi).SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-DSMPN7Malangdenganjumlah34siswa18perempuandan16laki-laki.InstrumenpenelitianyangdigunakanyaitulembarobservasiketerlaksanaanPBLuntukmengukurketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasiketerampilanprosessainsdantespemahamankonsepfisika.Teknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahreduksidatapaparandatapenarikankesimpulanverifikasidanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBLdapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanpemahamankonsepfisikasiswakelasVIII-DSMPN7Malang.HasilanalisisdapatdilihatketerlaksanaanpembelajaranPBLpadasiklusI89%dansiklusII100%denganpeningkatansebesar11%.KeterampilanprosessainspadasiklusIdari66%meningkatmenjadi82%padasiklusII.KeterampilanprosessainsdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar16%.PemahamankonsepFisikasiswamengalamipeningkatannilairata-ratapadasiklusI76.47%menjadi85.29%padasiklusIImengalamipeningkatansebesar8.82%.Peningkatannilairata-ratapadasetiapsiklusnyaberdampakpositifterhadapketuntasanbelajarsiswa.HasilpenelitiansecarakeseluruhanmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanpemahamankonsepfisikasiswa.