Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Malang / Putri Untari Indrayani

Main Author: Indrayani, Putri Untari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18393/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelCreativeProblemSolving(CPS)pendekatanopenendedkemampuanberpikirkreatifUpayaguruuntukmembuatsiswaaktifmengajukandanmenjawabper-tanyaandarigurusertameningkatkanprestasibelajarsiswagurutelahdilakukandenganmetodeceramahtanyajawabdiskusieksperimennamunbelummen-dapatkanhasilyangmaksimal.Setelahdilakukanobservasidandilakukanteske-mampuanberpikirkreatifternyatamenghasilkannilairata-ratateskemampuanberpikirkreatifyangrendah.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenendeddanmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIESMPNegeri13MalangdenganmenggunakanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenended.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelasdariKemmisMcTaggart.PenelitianinidilakukanselamaduasiklusdikelasVIIIESMPNegeri13Malangyangterdiridari41siswa.Materiajardalampenelitianiniadalahcahaya.KeterlaksanaanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenendeddiukurmenggunakanLembarKeterlaksa-naanPembelajaranmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenendedsedangkankemampuanberpikirkreatifdiukurdenganteskemampuanberpikirkreatifyangberupasoaluraian.Tahapanalisisdatamelaluitahapreduksidatapenyajiandatapenarikankesimpulandanverifikasi.Analisisyangdilakukansecarakualitatifdankuantitatif.Analisiskualitatifdigunakanun-tukmendeskripsikandatasecaralengkapdalambentukkalimat.Analisiskuanti-tatifdigunakansebagaidatapendukungyangditampilkandalambentukangka.Datadisajikandalambentukuraiantabeldangrafik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenendedmengalamipe-ningkatandari8159%padasiklusImenjadi8875%padasiklusII.Selainituke-mampuanberpikirkreatifsiswajugamengalamipeningkatan.Nilairata-ratateskemampuanberpikirkreatifmeningkatdilihatdarihasiltesobservasikemampuanberpikirkreatifsebelumditerapkanmodelCPSsebesar4658menjadi7148padasiklusIdan7567padasiklusIIsetelahditerapkanmodelCPS.Kesimpulanpene-litianiniadalahmodelpembelajaranCreativeProblemSolving(CPS)denganpendekatanopenendeddapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatif.