Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII D SMPN 10 Malang / Hanafi
Main Author: | Hanafi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18390/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaransastramodelpembelajaranmetodepembelajaranteknik/strategipembelajaranSelamainipembelajaransastradisekolahbelumberjalansecaraoptimal.Gurumenganggapbahwamengajarkanmaterisastrajauhlebihsulitdaripadamengajarkanmateribahasa.Selainitusiswaterlanjurkurangmenyukaikaryasastrasehinggagurumengalamikesulitanuntukmengajarkansastra.Halitumenyebabkanpembelajaransastraterabaikan.Dalamkeadaansepertiituseharusnyagurumampumenciptakansuasanapembelajaranyangmenarikdanmenyenangkanbagisiswasehinggaminatsiswaterhadappembelajaransastradapatmeningkat.Sayangnyagurutetaptidakmampumenciptakansuasanapembelajaranyangmenarikbahkanpembelajaransastrakurangmendapatkanperhatianguru.Padahalsekaranginitelahbermunculanmodelpembelajaranyangdapatditerapkandalampembelajaran.Berdasarkanhaltersebutpenelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanberbagaimodelpembelajaransastrayangdigunakanmahasiswaUniversitasNegeriMalangdalampenelitiantahun1990-2010dan(2)mendeskripsikanpermasalahanapasajayangdihadapigurudalampembelajaransastradanbagaimanasolusinyaberdasarkanskripsimahasiswaUniversitasNegeriMalang.Penelitianinididasarkanpadametodepenelitiankepustakaan.DatapenelitianberupamodelpembelajaransastrayangditerapkanolehmahasiswaUniversitasNegeriMalangdalampenelitiantahun19902010.Pengumpulandatadilakukandenganteknikmatriksanalisisisi.Datadianalisdenganmetodekualitatifanalisisisi.Kegiatananalisisdimulaidaripengelompokandanpengorganisasianpengodeansertapenyimpulandanpenginterpretasian.DalampenelitianinitelahditemukanempatpuluhlimamodelpembelajaransastrayangmeliputipembelajaranpuisipembelajarancerpenpembelajaranceritarakyatdongengdanhikayatpembelajarannoveldanpembelajarandramapadajenjangSDSMPdanSMA.ModelpembelajaranpuisiadalahmodelRKPL(RencanakanKerjakanPelajariLakukan)strategiPAIKEMmodelPembelajaranKontekstualteknikRekonstruksiParsialCerpenstrategiB-G-T(Baca-Gunting-Tempel)teknikPemodelanteknikTemporaristrategiTandurstrategiFormulastrategiImajinasistrategiPetaPikiranteknikMeresponPuisiModelstrategiJendelaImajinasiteknikMembacaKreatifdanstrategiEnam-M.ModelpembelajarancerpenadalahmetodeEkspresifstrategiT-O-K(Tiru-Olah-Kembangkan)metodeBelanjaGambarBerangkaiteknikPengadilanstrategi3MmetodeBermainPeranmetodeDuaTinggalDuaBertamustrategiPetaPikiranstrategiDominostrategiBongkarPasangmetodePeta-PikiranmetodeTimInvestigasidanteknikPengelompokan.ModelpembelajaranceritarakyatdongengdanhikayatadalahmodelMelemparBolaSaljumodelTerapiSenamTelingateknikMencatatdanMenukarInformasidanmetodeSiklusPembelajaran.ModelpembelajarannoveladalahstrategiLingkaranSastramodelJigsawmetodePenilaianSejawatstrategiMemusatkanPikirandanMembandingkandanmetodeAnalisisWacanaKritis.ModelpembelajarandramaadalahteknikBermainDramateknikPemodelanstrategiKonversiCerpendanstrategiPemodelanTransformasiCerpen.Berdasarkanhasilanalisisdatatelahditemukanbahwasatumodelpembelajarandapatdigunakanuntukpembelajaranberbagaimacamkaryasastra.Namundalampenerapannyaharusdisesuaikandengankompetensidantujuanpembelajaranyangingindicapai.Beberapamodelyangditemukanmerupakanmodifikasidarimodelyangada.Gurujugaharusmenyesuaikanmodelpembelajarantersebutdengankondisisekolahgurudansiswasertamemperhitungkanwaktupembelajaran.Dalamdatapenelitianterdapatduapenamaanyangberbedapadapemodelanyaituteknikdanstrategi.Jikaditelaahlebihlanjutpemodelansebenarnyamerupakanmetodekarenapemodelanbukanlagisebuahrencanatetapimerupakancarauntukmenerangkansebuahpengetahuankepadasiswayangsudahdilaksanakandikelas.Caragurumembericontohpastiakanberbeda-beda.Selainitujugaditemukanbahwapenelitiantentangpembelajarandramamasihsedikit.Kompetensiyangdigunakandalampenelitiansebagianbesaradalahkompetensimenulisnaskahdrama.Kompetensibermainperankurangdiminatiolehparapeneliti.Dalampenelitianinitelahditemukanlimapermasalahanyangumumnyadihadapiguru.Permasalahanpertamayaitupembelajaranmonotondansangatmembosankankarenahanyaberpusatpadaguru.Permasalahankeduaadalahkemampuanmembacamengapresiasikaryasastradanminatbelajarsiswaterhadapsastramasihrendah.Permasalahanketigaadalahgurubelummenerapkanmodel-modelpembelajaranyangbervariatifdalamKTSPguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpenugasan.Permasalahankelimaadalahmediauntukpembelajaransastrakurangbervariasidanhanyaberkisarpadabukuteks.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmemanfaatkanmodelpembelajaranyangtelahditemukandandengancaramengubahpolapikirguruyangsalahtentangpembelajaransastra.Jikahal-haldiatasdapatdilakukandenganbaikpembelajaransastrajugaakanterasamenyenangkan.Siswatidakakanlagimenganggappembelajaransastrasebagaibeban.