Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII D SMPN 10 Malang / Hanafi

Main Author: Hanafi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18390/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaransastramodelpembelajaranmetodepembelajaranteknik/strategipembelajaranSelamainipembelajaransastradisekolahbelumberjalansecaraoptimal.Gurumenganggapbahwamengajarkanmaterisastrajauhlebihsulitdaripadamengajarkanmateribahasa.Selainitusiswaterlanjurkurangmenyukaikaryasastrasehinggagurumengalamikesulitanuntukmengajarkansastra.Halitumenyebabkanpembelajaransastraterabaikan.Dalamkeadaansepertiituseharusnyagurumampumenciptakansuasanapembelajaranyangmenarikdanmenyenangkanbagisiswasehinggaminatsiswaterhadappembelajaransastradapatmeningkat.Sayangnyagurutetaptidakmampumenciptakansuasanapembelajaranyangmenarikbahkanpembelajaransastrakurangmendapatkanperhatianguru.Padahalsekaranginitelahbermunculanmodelpembelajaranyangdapatditerapkandalampembelajaran.Berdasarkanhaltersebutpenelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanberbagaimodelpembelajaransastrayangdigunakanmahasiswaUniversitasNegeriMalangdalampenelitiantahun1990-2010dan(2)mendeskripsikanpermasalahanapasajayangdihadapigurudalampembelajaransastradanbagaimanasolusinyaberdasarkanskripsimahasiswaUniversitasNegeriMalang.Penelitianinididasarkanpadametodepenelitiankepustakaan.DatapenelitianberupamodelpembelajaransastrayangditerapkanolehmahasiswaUniversitasNegeriMalangdalampenelitiantahun19902010.Pengumpulandatadilakukandenganteknikmatriksanalisisisi.Datadianalisdenganmetodekualitatifanalisisisi.Kegiatananalisisdimulaidaripengelompokandanpengorganisasianpengodeansertapenyimpulandanpenginterpretasian.DalampenelitianinitelahditemukanempatpuluhlimamodelpembelajaransastrayangmeliputipembelajaranpuisipembelajarancerpenpembelajaranceritarakyatdongengdanhikayatpembelajarannoveldanpembelajarandramapadajenjangSDSMPdanSMA.ModelpembelajaranpuisiadalahmodelRKPL(RencanakanKerjakanPelajariLakukan)strategiPAIKEMmodelPembelajaranKontekstualteknikRekonstruksiParsialCerpenstrategiB-G-T(Baca-Gunting-Tempel)teknikPemodelanteknikTemporaristrategiTandurstrategiFormulastrategiImajinasistrategiPetaPikiranteknikMeresponPuisiModelstrategiJendelaImajinasiteknikMembacaKreatifdanstrategiEnam-M.ModelpembelajarancerpenadalahmetodeEkspresifstrategiT-O-K(Tiru-Olah-Kembangkan)metodeBelanjaGambarBerangkaiteknikPengadilanstrategi3MmetodeBermainPeranmetodeDuaTinggalDuaBertamustrategiPetaPikiranstrategiDominostrategiBongkarPasangmetodePeta-PikiranmetodeTimInvestigasidanteknikPengelompokan.ModelpembelajaranceritarakyatdongengdanhikayatadalahmodelMelemparBolaSaljumodelTerapiSenamTelingateknikMencatatdanMenukarInformasidanmetodeSiklusPembelajaran.ModelpembelajarannoveladalahstrategiLingkaranSastramodelJigsawmetodePenilaianSejawatstrategiMemusatkanPikirandanMembandingkandanmetodeAnalisisWacanaKritis.ModelpembelajarandramaadalahteknikBermainDramateknikPemodelanstrategiKonversiCerpendanstrategiPemodelanTransformasiCerpen.Berdasarkanhasilanalisisdatatelahditemukanbahwasatumodelpembelajarandapatdigunakanuntukpembelajaranberbagaimacamkaryasastra.Namundalampenerapannyaharusdisesuaikandengankompetensidantujuanpembelajaranyangingindicapai.Beberapamodelyangditemukanmerupakanmodifikasidarimodelyangada.Gurujugaharusmenyesuaikanmodelpembelajarantersebutdengankondisisekolahgurudansiswasertamemperhitungkanwaktupembelajaran.Dalamdatapenelitianterdapatduapenamaanyangberbedapadapemodelanyaituteknikdanstrategi.Jikaditelaahlebihlanjutpemodelansebenarnyamerupakanmetodekarenapemodelanbukanlagisebuahrencanatetapimerupakancarauntukmenerangkansebuahpengetahuankepadasiswayangsudahdilaksanakandikelas.Caragurumembericontohpastiakanberbeda-beda.Selainitujugaditemukanbahwapenelitiantentangpembelajarandramamasihsedikit.Kompetensiyangdigunakandalampenelitiansebagianbesaradalahkompetensimenulisnaskahdrama.Kompetensibermainperankurangdiminatiolehparapeneliti.Dalampenelitianinitelahditemukanlimapermasalahanyangumumnyadihadapiguru.Permasalahanpertamayaitupembelajaranmonotondansangatmembosankankarenahanyaberpusatpadaguru.Permasalahankeduaadalahkemampuanmembacamengapresiasikaryasastradanminatbelajarsiswaterhadapsastramasihrendah.Permasalahanketigaadalahgurubelummenerapkanmodel-modelpembelajaranyangbervariatifdalamKTSPguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpenugasan.Permasalahankelimaadalahmediauntukpembelajaransastrakurangbervariasidanhanyaberkisarpadabukuteks.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmemanfaatkanmodelpembelajaranyangtelahditemukandandengancaramengubahpolapikirguruyangsalahtentangpembelajaransastra.Jikahal-haldiatasdapatdilakukandenganbaikpembelajaransastrajugaakanterasamenyenangkan.Siswatidakakanlagimenganggappembelajaransastrasebagaibeban.