Penerapan model pembelajaran React berbasis inkuiri untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-E SMP Negeri 19 Malang / Yonanda Eka Paramitha

Main Author: Paramitha, Yonanda Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18382/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranREACTberbasisinkuiripenguasaankonsepketerampilanprosessainsBerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikaSMPNegeri19MalangmenunjukkanbahwapenguasaankonsepsiswakelasVIII-Erendah.HaliniditunjukkandarisedikitnyasiswayanglulusKKMyaitu9orangdari40siswadengannilairata-rata644.NilaiKKMmatapelajaranfisikadiSMPNegeri19Malangadalah75.SelainituSiswajugakurangterlibatlangsungdalamprosespembelajaransehinggamenyebabkanketerampilanprosessainssiswacenderungrendah.DaripermasalahanyangadadiperlukanadanyapenelitianyangbertujuanuntukmeningkatkanpenguasaankonsepdanketerampilanprosessainssiswakelasVIII-ESMPNegeri19MalangmelaluimodelpembelajaranREACTberbasisinkuiri.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitifdanjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasyangterdiriatas2siklusdenganmasing-masingsiklusterdiridari3pertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-Eyangberjumlah40siswaterdiridari20siswalaki-lakidan20siswaperempuantahunajaran2011/2012.PokokbahasanyangdigunakandalamsiklusIadalahpemantulancahayasedangkanpadasiklusIIadalahpembiasancahaya.Datayangdiambildaripenelitianiniadalah(1)dataketerampilanprosessains(KPS)siswayangdijaringmelaluilembarobservasiKPS(2)datatentangpe-nguasaankonsepyangdiukurmelaluitesakhirsiklusdan(3)dataketerlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbasisinkuiriyangdijaringmelaluilembarobservasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranREACTberbasisinkuiritelahterlaksanadenganbaikpadasiklusIIdalamprosespembelajarandikelasVIII-ESMPNegeri19Malangbaikolehgurumaupunolehsiswa.KeterampilanprosessainssiswakelasVIII-ESMPNegeri19Malangtelahmeng-alamipeningkatanyaitudaripersentaserata-rata709%dengankriteriacukuppadasiklusIdanrata-ratasebesar906%dengankriteriabaikpadasiklusII.SelainitupenguasaankonsepsiswakelasVIII-ESMPNegeri19MalangjugamengalamipeningkatanyaitupersentaseyanglulusKKMdari225%sebelumtindakanmenjadi50%padasiklusIdanmenjadi75%padasiklusII.Berdasar-kanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenguasaankonsepdanketerampil-anprosessainssiswakelasVIII-ESMPNegeri19MalangmengalamipeningkatanmelaluipenerapanmodelpembelajaranREACTberbasisinkuiri.