Penerapan metode quantum learning dengan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Mualima

Main Author: Mualima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18380/
Daftar Isi:
  • KataKunciMetodeQuantumLearningPetaPikiran(MindMapping)HasilBelajar.BerdasarkanobservasiawalpadakelasVII-ISMPNegeri20Malangtampakbahwapembelajaranmasihterpusatpadagurusiswatidakdilibatkansecaraaktifdalamkegiatanpembelajaran.CarapenerimaaninformasijugakurangefektifhasilbelajarsiswapunmasihbanyakyangdibawahKKM.SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmemperbaikiprosespembelajarandikelastersebutadalahmetodeQuantumLearningdenganteknikmencatatmindmapping.PenelitianbertujuanuntukmenerapkanmetodeQuantumLearningdenganteknikmencatatPetaPikiran(mindmapping)untukmeningkatkanhasilbelajarfisikasiswakelasVIISMPNegeri20MalangSubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-ISMPN20Malangtahunajaran2011/2012denganjumlah38siswa.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.InstrumenyangdigunakanmeliputilembarketerlaksanaanpembelajaransoalteskognitiflembarobservasiaspekafektiflembarobservasiaspekketerampilanmembuatmindmappingRPPdanhandout..Analisisdatayangdigunakanmelimputireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmetodeQuantumlearningdenganteknikmencatatmindmappingdapatmeningkatkanhasilbelajarfisikasiswakelasVII-ISMPNegeri20Malang.Hasilbelajaraspekkognitifmeningkatsebesar1342%darisiklusIkesiklusIIhasilbelajaraspekafektifmeningkatdarisiklusIsebesar1053%kesiklusIIhasilbelajaraspekketrampilanmembuatmindmappingmeningkatdarisiklusIsebesar1258%keII.Peningkatantersebutterjadikarenaadanyamotivasipadadirisiswayanglebihaktifdikelasagarmendapatkannilaiyangmaksimaldanhasilbelajarnyameningkatfektifgurumembimbingkelompoktertentudancenderungmemberikanpenyelesaianterhadapmasalahsiswasecaralangsungtanpamemberikanpertanyaanarahanterlebihdahulu