Penerapan Pembelajaran Model Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kecakapan akademik (academic skills) dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-10 SMAN 7 Malang / Mukhammad Dana Zulfikar Fauzi
Main Author: | Fauzi, Mukhammad Dana Zulfikar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18378/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelInkuiriTerbimbingKecakapanAkademikPrestasiBelajar.BerdasarkanobservasiawalpadakelasX-10SMAN7Malangnampakbahwapembelajaranmasihterpusatpadagurusiswatidakdilibatkansecaraaktifdalamkegiatanpembelajaran.HaliniterlihatdarianalisishasilulanganharianpertamamenunjukkanbahwapersentaseyangmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)Fisikaselaludibawah70%danreratanilaiulanganhariannyayaitu485.Siswapadaumumnyahanyaaktifdalammengerjakantugasyangbiasanyadikerjakansecaraindividu.PrestasibelajarsiswapunmasihbanyakyangdibawahKKMhalinidisebabkanmetodepembelajaranyangseringdigunakanolehguruadalahmetodeceramahpemberianlatihansoaldantugas.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmemperbaikiprosespembelajarandikelasX-10tersebutadalahmodelinkuiriterbimbing.Modelinkuiriterbimbing(guidedinquiry)merupakankegiataninkuiridimanamasalahdikemukakanolehguruataubersumberdaribukutekskemudiansiswabekerjauntukmenemukanjawabanterhadapmasalahtersebutdibawahbimbingandariguru.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-10SMAN7Malangtahunajaran2011/2012denganjumlah40siswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakankecakapanakademiksiswamenggunakanangka1-4danketerlaksanaanmodelinkuiriterbimbingmenggunakanpersentase.Untukhasilbelajaraspekkognitifdigunakanrentang0-100darihasiltessiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingtelahterlaksanadenganbaikpadasiklusIpersentasenya9365%dandapatdikategorikanbaikpadasiklusIIpersentasenya9833%dandapatdikategorikansangatbaik.PembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingdapatmeningkatkankecakapanakademiksiswakecakapanakademiksiswameningkatdarisiklusIsebesar611%menjadi796%padasiklusII.Sedangkankognitifsiswaatauprestasibelajarsiswasebelumtindakanrata-ratanyaadalah485meningkatmenjadi688padasiklusIdan769padasiklusIIdansebagiansiswasudahmampumenyerapmaterikaloryangdiajarkan.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingdapatmeningkatkankecakapanakademikdanprestasibelajarsiswakelasX-10SMAN7Malang.