Pengembangan bahan ajar Fisika pokok bahasan getaran dan gelombang untuk menunjang pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Iva Sa'id Dwi Febri Anita
Main Author: | Anita, Iva Sa'id Dwi Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18356/ |
Daftar Isi:
- KataKunciBahanajarpembelajaranberbasismasalahgetarandangelombang.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumoperasionalyangdisusunolehdandilaksanakandimasing-masingsatuanpendidikan.DengandiberlakukannyaKTSPgurudituntutagarlebihkreatifuntukmengembangkansuatuperangkatpembelajaranyangmenyenangkanbagisiswa.Salahsatupendekatanpembelajaranyangdianggapbagusdanlayakuntukditerapkandalamprosespembelajaranadalahpembelajaranaktifinovatifkreatifefektifdanmenyenangkan.MetodePAIKEMmerupakanmetodeyangsangatmengertidanmemahamikondisisiswamakadariitubanyakhalyangperludiperhatikandalammelaksanakanPAIKEMsalahsatunyaialahmengembangkankemampuanberpikirkritiskreatifdankemampuanmemecahkanmasalah.Berdasarkanhalitulahmakadikembangkanbahanajarberbasismasalahyangcocokditerapkandidalammetodepembelajarandisekolah.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarberorientasipembelajaranberbasismasalahpadamaterigetarandangelombanguntukSMPkelasVIIIagarmempermudahsiswadalammempelajarikonsepgetarandangelombang.Penelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikankelayakanprodukdanmengetahuikarakteristikprodukyangdihasilkan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandenganlangkah-langkahmeliputitahappenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembanganprodukawalujicobalapanganawaldanrevisiprodukakhir.Penelitianinimenggunakanteknikvalidasiisiyangdilakukanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlisertadilakukanujicobaawalterhadapsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketyangdisertairubrik.JenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatorberdasarkanSkalaLikertdandatakualitatifberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhirdaripengembanganbahanajariniadalahbahanajarberorientasipembelajaranberbasismasalahpadamaterigetarandangelombang.Berdasarkanhasilanalisisdataprodukakhiryangdihasilkansudahmemenuhikriterialayakdansudahdirevisipadabeberapabagianberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhiryangdihasilkanmemilikikarakteristikyangberbedadaribahanajaryanglaindiantaranyasetiapawalmateridiawalipembahasanyangmemotivasibelajarsiswadanpertanyaan-pertanyaansederhanaterdapatkatamutiaradisetiaphalamansetiappembahasandiperjelasdengangambarpembahasannyasederhanadanmudahdimengertisiswaterdapatWebLinksertadesainisilebihmenarikdanfullcolour.