Pengembangan bahan ajar Fisika pokok bahasan getaran dan gelombang untuk menunjang pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Iva Sa'id Dwi Febri Anita

Main Author: Anita, Iva Sa'id Dwi Febri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18356/
Daftar Isi:
  • KataKunciBahanajarpembelajaranberbasismasalahgetarandangelombang.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakankurikulumoperasionalyangdisusunolehdandilaksanakandimasing-masingsatuanpendidikan.DengandiberlakukannyaKTSPgurudituntutagarlebihkreatifuntukmengembangkansuatuperangkatpembelajaranyangmenyenangkanbagisiswa.Salahsatupendekatanpembelajaranyangdianggapbagusdanlayakuntukditerapkandalamprosespembelajaranadalahpembelajaranaktifinovatifkreatifefektifdanmenyenangkan.MetodePAIKEMmerupakanmetodeyangsangatmengertidanmemahamikondisisiswamakadariitubanyakhalyangperludiperhatikandalammelaksanakanPAIKEMsalahsatunyaialahmengembangkankemampuanberpikirkritiskreatifdankemampuanmemecahkanmasalah.Berdasarkanhalitulahmakadikembangkanbahanajarberbasismasalahyangcocokditerapkandidalammetodepembelajarandisekolah.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajarberorientasipembelajaranberbasismasalahpadamaterigetarandangelombanguntukSMPkelasVIIIagarmempermudahsiswadalammempelajarikonsepgetarandangelombang.Penelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikankelayakanprodukdanmengetahuikarakteristikprodukyangdihasilkan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangandenganlangkah-langkahmeliputitahappenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembanganprodukawalujicobalapanganawaldanrevisiprodukakhir.Penelitianinimenggunakanteknikvalidasiisiyangdilakukanolehvalidatoryangberasaldaripihakdosendangurusebagaiahlisertadilakukanujicobaawalterhadapsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketyangdisertairubrik.JenisdatapenelitianmeliputidatakuantitatifberupapenilaianvalidatorberdasarkanSkalaLikertdandatakualitatifberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhirdaripengembanganbahanajariniadalahbahanajarberorientasipembelajaranberbasismasalahpadamaterigetarandangelombang.Berdasarkanhasilanalisisdataprodukakhiryangdihasilkansudahmemenuhikriterialayakdansudahdirevisipadabeberapabagianberdasarkankomentardansarandarivalidator.Produkakhiryangdihasilkanmemilikikarakteristikyangberbedadaribahanajaryanglaindiantaranyasetiapawalmateridiawalipembahasanyangmemotivasibelajarsiswadanpertanyaan-pertanyaansederhanaterdapatkatamutiaradisetiaphalamansetiappembahasandiperjelasdengangambarpembahasannyasederhanadanmudahdimengertisiswaterdapatWebLinksertadesainisilebihmenarikdanfullcolour.