Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 10 Malang / Galis Wintri Rolirida
Main Author: | Rolirida, Galis Wintri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18341/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPendekatanPembelajaranInkuiriTerbimbingdanHasilBelajar.BerdasarkanobservasiyangdiperolehbahwakemampuanberpikirkritissiswakelasVII-Gmasihkurangdalammenjawabsoalyangdiberikanolehguru.Metodeyangseringdigunakanadalahmetodeceramahdiskusidanpraktikumjikadiperlukantidakbisamengembangkanberpikirkritis.Kegiataneksperimenyangberhubungandenganalamjarangdilakukankarenagurumasihtakutataukhawatir.Alasannyaadalahgurutakutmateriyangdisampaikantidakakanselesaidanwaktunyatidakcukup.HasilbelajarsiswaSMPNegeri10Malangmasihkurang.Haliniterlihatdarirata-rataUlanganHarianIpadaranahkognitifyaitunilaisiswapadarentang20sampai86danmasihbanyaksiswa(875%)tidakbisamencapaikriteriaketutasanminimum(KKM)yangditetapkansekolah.KKMyangditetapkanSMPNegeri10MalanguntukmatapelajaranFisikaadalah75.HasilbelajaryangdiukurdikelasVII-Ghanyalahhasilbelajarpadaaspekkognitifsajasedangkanaspekafektifdanpsikomotoriktidakdilakukan.PenelitianbertujuanuntukmenjawabpertanyaanketerlaksanaanpenerapanpendekatanpembelajaranInkuiridanPeningkatanhasilbelajarfisikasiswakelasVII-GSMPN10MalangSubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-GSMPN10Malangpadatahunajaran2011/2012denganjumlah40siswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukhasilbelajaraspekafektifmenggunakanangka1-3danaspekpsikomotorikmenggunakanangka1-3danketerlaksanaanmodelinkuiriTerbimbingmenggunakanpersentase.Untukhasilbelajaraspekkognitifdigunakanrentang0-100darihasiltessiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmodelinkuiriterbimbingtelahterlaksanadenganbaikpadasiklusIpersentasenya75%dandapatdikategorikanbaikpadasiklusIIpersentasenya87.5%dandapatdikategorikanbaik.PembelajarandenganpendekatanpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanHasilbelajarsiswayangterdiridari(a)HasilbelajaraspekkognitifyanglulusKKM35%padasiklusIdanmeningkatmenjadi52.5%padasiklusII.(b)Hasilbelajaraspekafektif61.67%padasiklusIdan66%padasiklusIIsehinggapeningkatannyaadalah4.37%.(c)Hasilbelajaraspekpsikomotorik68.74%padasiklusIdan80.84%padasiklusIIsehinggapeningkatannyaadalah12.1%.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganpendekatanpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarfisikasiswakelasVII-GSMPN10Malang