Penerapan pembelajaran LC 5E dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan motifasi belajar fisika siswa kelas VIII - I SMPN 10 Malang / Imroatul Maghfiroh
Main Author: | Maghfiroh, Imroatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18331/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranLC5EdenganpendekatanSETSkemampuankerjailmiahmotivasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII-ISMPN10Malangdiperolehinformasibahwa1)siswamemilikimotivasiyangrendahhaliniterbuktipadasaatgurumenerangkanhampir60%siswamasihbelumsiapdenganpembelajaranpadasaatgurumemberikanpertanyaankurangdari15%siswayangmengacungkantangansiswatidakperhatianterhadaptugasyangdiberikanolehgurutugasyangdikumpulkantidaktepatwaktusuasanakelasyangtidakkondusifdanramaisaatpembelajaransiswajugakurangpercayadiridalammengungkapkanidedalamkegiatandiskusikelas2)gurukurangmenghubungkanpelajaranfisikadenganfenomenakehidupansehari-hari3)kegiatanpraktikumsudahdilaksanakantetapimasihjarangsekali4)penilaianterhadapkerjailmiahbelumpernahdilakukansehinggasulituntukmemperolehinformasikomponenkerjailmiahyangbelumterlaksanadenganbaik.SalahsatupembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuankerjailmiahsiswadanmotivasibelajarfisikasiswaadalahpembelajaranLC5EdenganpendekatanSETS.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkankemampuankerjailmiahdanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIII-ISMPN10MalangmelaluipenerapanpembelajaranLC5EdenganpendekatanSETS.JenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasmodelKemmisdanTaggartyangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.TindakanyangdiberikanadalahpenerapanpembelajaranLC5EdenganpendekatanSETS.PenelitiandilakukandiSMPN10MalangdengansubjekpenelitiankelasVIII-Idenganjumlah42siswaterdiridari18siswaperempuandan24siswalaki-laki.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitulembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasikemampuankerjailmiahlembarobservasimotivasidanangketmotivasibelajarsiswa.Kemampuankerjailmiahdanmotivasibelajardikatakanberhasiljikatiapaspektelahmencapaikriteriabaik(70%)dariskormaksimal.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranLC5EdenganpendekatanSETSdapatmeningkatkankemampuankerjailmiahdanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIII-ISMPN10Malang.KeterlaksanaanpembelajaranLC5EdenganpendekatanSETSmeningkatdariSiklusIkesiklusIIsebesar1912%.KemampuankerjailmiahsiswasecarakeseluruhanmengalamipeningkatanpadasiklusIkesiklusIIsebesar914%.MotivasibelajarsiswamengalamipeningkatanpadasiklusIkesiklusIIsebesar914%.