Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 phase berbantuan diagram vee untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika siswa kelas XIII-F SMP Negeri 8 Malang / Sparingga Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Sparingga
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18318/
Daftar Isi:
  • KatakunciLearningCycleDiagramVeeKeterampilanProsesPrestasiBelajarHasilobservasiyangdilakukandikelasVIII-FSMPNegeri8Malangdiketahuiketerampilanprosessiswayaitumengamatimenafsirkanmeramalkanmenggunakanalatmenerapkankonsepmerencanakankegiatanberkomunikasidanbertanyamasihrendah.Selainketerampilanprosesyangrendahprestasibelajarsiswajugarendah.PrestasibelajarsiswayangrendahditunjukkanolehjumlahsiswayangmencapaiSKBMadalah26siswa.OlehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranyangmampumelatihketerampilanprosessiswadanmeningkatkanprestasibelajaryaitumodelpembelajaranLearningCycle5faseberbantuandiagramVee.PenelitianinidilaksanakandikelasVIII-FSMPNegeri8Malang.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanketerampilanprosesdanprestasibelajarsiswakelasVIII-FSMPNegeri8MalangdenganmenerapkanpembelajaranLearningCycle5faseberbantuandiagramVee.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangmenuntutpenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpenelitianhinggapelaporandata.Pengambilandatadilakukandenganobservasiyangberpedomanpadalembarobservasi.LembarobservasiyangdigunakanyaitulembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranLearningCycle5faseberbantuandiagramVeedanlembarobservasiketerampilanproses.SedangkandataprestasibelajardiperolehmelaluilatihansoalditiapakhirpembelajaranLearningCycledantesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkandelapanaspekketerampilanprosesmengalamipeningkatandariSiklusIkeSiklusII.PadaSiklusIpersentaseketerampilanprosessiswa65.75%dandiSiklusII85.51%.Peningkatanketerampilanprosesinidiikutipeningkatanprestasibelajarsiswa.Rata-rataprestasibelajarsiswa74.77padaSiklusIdanSiklusII82.69.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanpembelajaranLearningCycleberbantuanDiagramVeedapatmeningkatkanketerampilanprosesdanprestasibelajarsiswadikelasVIIIFSMPNegeri8Malang