Pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Wahyu Dwi Puspitasari
Main Author: | Puspitasari, Wahyu Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18315/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranREACThasilbelajarkognitifhasilbelajarpsikomotorKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)merupakanpembaharuandarikurikulumsebelumnya.DalamKTSPgurudiberikankesempatanuntukbisamenggalilebihpotensiyangdimilikiolehsiswa.Halinidikarenakanadanyakebebasangurudalampenyampaianmateridisesuaikandengankondisisiswa.SalahsatumodelpembelajaraninovatifyangbisadigunakanuntukmenggalipotensisiswaadalahmodelpembelajaranREACT.ModelpembelajaranREACTterdiridarilimatahapyaituRelatingExperiencingApplyingCooperatingandTransferring.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodeliniterhadaphasilbelajarfisikasiswakelasXdiSMAN1Kepanjen.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu.Desainpenelitianyangdigunakanadalahposttestonlycontrolgroup.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXSMAN1KepanjenkelasX-6sampaidenganX-9.ProsespenentuansampelpenelitiandenganpurposiveclustersamplingdanterpilihkelasX-8danX-9.Menggunakanpurposiveclustersamplingdikarenakanadanyaperbedaannilairata-rataulangandarikeempatkelastersebut.KelasX-8denganjumlahsiswa30ditetapkansebagaikelaseksperimendansiswakelasX-9denganjumlahsiswa28ditetapkansebagaikelaskontrol.ModelpembelajaranREACTditerapkandikelaseksperimendenganmelaksanakanpercobaanUntukkelaskontrolpembelajarandilakukandenganpembelajarankonvensionaltidakadapercobaanhanyamelihatdemonstrasi.KeduakelasmendapatkanmateriKD5.1yaitumemformulasikanbesaran-besaranlistrikrangkaiantertutupsederhana(satuloop).instrumenpengukuranberupapilihangandauraiandanlembarobservasi.Ujihipotesisyangdigunakanadalahuji-tdanujiUMann-Whitney.Ujitdigunakanuntukmengujihipotesishasilbelajarkognitif.UjiUMann-Whitneydigunakanuntukmengujihipotesishasilbelajarpsikomotor.Berdasarkanujihipotesisyangtelahdilakukanmakadiperolehsuatukesimpulanbahwahasilbelajar(kognitifdanpsikomotor)fisikasiswakelasXSMAN1KepanjenyangdiajardenganmodelpembelajaranREACTlebihbaikdaripadahasilbelajarfisikasiswayangdiajardenganpembelajarankonvensional.