Pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir IPA siswa di kelas VII-C SMP Negeri 4 Malang / Ahmad Hamim
Main Author: | Hamim, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18314/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikemamuanberpikirmodelpencapaiankonseppembelajaranaktifberbasisinkuiri.KemampuanberpikirIPAsiswakelasVII-CSMPNegeri4Malangmasihperluditingkatkan.UntukmengatasipermasalahaniniditerapkanpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepuntukmeningkatkankemampuanberfikirIPAsiswakelasVII-CSMPN4Malang.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)KemmisdanMcTaggartdengantahapanidentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Penelitianinimenggunakanduainstrumenyaituinstrumenpembelajarandaninstrumenpengukuranpenelitian.InstrumenpembelajaranterdiridariRPPdanLKS.Sedangkaninstrumenpengukuranterdiridarilembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasikemampuanberpikirdantessetiapakhirsiklus.PenelitiandilakukanselamaduasiklusdikelasVII-CSMPN4Malangyangterdiridari37siswapadasemesterIIdenganmaterikalor.Kemampuanberpikirdilihatdaripeningkatankeaktifansiswatiapsiklusnyadanjumlahsiswayangtuntastiaptesakhirsiklus.Keaktifansiswaterdiridarikeaktifanbertanyamenjawabdanmenanggapi.Penerapanmodelpembelajaraninimembuatpembelajaranberpusatpadasiswa(studentcentered).Selamapembelajaransiswaberperanaktifdalamprosespembelajaran.Keaktifaniniditunjukkandengansiswamengajukanpertanyaanmenjawabmenanggapimelakukanpraktikumberdiskusimelaporkanhasilpraktikumdandiskusisertamenyusunhipotesis.Penerapanpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapiankonsepterlaksanadenganoptimal.HaliniditunjukkandenganketerlaksaanpembelajaranpadasiklusIadalah8621%dansiklusIIadalah9483%.HasilpenelitianmenunjukanbahwakemampuanberfikirIPAsiswameningkat.PersentasejumlahkeaktifansiswapadasiklusI2315%danmenjadi2778%padasiklusII.Kemampuanberfikirsiswadilihatdarikeaktifanmengalamipeningkatansebesar463%.Persentasejumlahsiswayangtuntassebelumditerapkanmodelpembelajaraniniadalah8333%danmeningkatmenjadi8611%.PadasiklusIIpersentasesiswayangtuntas9444%persentaseinimengalamipeningkatandibandingsiklusI.KesimpulanpenelitianiniadalahpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepdapatmeningkatkankemampuanberfikirIPAsiswakelasVII-CSMPN4Malang.