Penerapan model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bangil / Maulidiyatul Iklima

Main Author: Iklima, Maulidiyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18311/
Daftar Isi:
  • KataKuncibelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasidikelasVIIIASMPNegeri2Bangildidapatkanbeberapafaktayaitu(1)banyaksiswamemilikitingkatkeaktifanyangkurangyaituhanyabeberapasiswayangbertanyadanmengemukakanpendapatselamakegiatanpembelajaran(2)Padakegiatanpraktikumbeberapasiswakesulitanmengoperasikanalat-alateksperimenkarenakurangterbiasadengansetalateksperimen(3)Berdasarkanwawancarayangdilakukandengangurukegiatandiskusimasihdidominasiolehsiswa-siswatertentu.Beberapapermasalahantersebutmenunjukkanbahwakeaktifansiswamasihkurangoptimal.FaktalainyangadadikelasVIIIAadalahsiswayangmemenuhiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)hanya5556%.Halinimenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswabelummemenuhistandaryangditetapkansekolahyaitukelasdikatakanberhasilatautuntasbelajarjika75%siswamempunyainilai880570.OlehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalamkegiatanpembelajaranyaitumodelpembelajaranInquiryTraining.Modelpembelajaraninimemberikesempatansiswauntukmeningkatkankeaktifandanprestasibelajardidalamkelas.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPNegeri2Bangildenganjumlah36siswayangterdiridari16siswalaki-lakidan20siswaperempuan.PengambilandatapenelitiandilakukanpadabulanAprilsampaiMei2011.Keterlaksanaanpembelajarandiukurmelaluilembarobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaran.Datapenelitianlainberupakeaktifansiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitian.Keaktifantersebutmeliputikeaktifandalammengajukandanmenjawabpertanyaanmelakukaneksperimendandiskusikelompok.Dataprestasibelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.ProsespelaksanaanpembelajarandenganmodelInquiryTrainingdiawalidengantahapankonfrontasidenganmasalahpengumpulandanverifikasidatapengumpulandata-eksperimentasimengorganisasidanmerumuskanpenjelasansertamenganalisisprosesinkuiri.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapeningkatanpersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaranInquiryTrainingdarisiklusIsebesar6935%menjadi7635%padasiklusII.PersentasekeaktifansiswapadasiklusIsebesar5833%sedangkanpadasiklusIIsebesar7129%.Peningkatankeaktifansiswadiikutidenganpeningkatanprestasibelajarsiswa.Rata-ratanilaitessiswapadasiklusIsebesar7469menjadi7911padasiklusIIsedangkanketuntasanbelajarsiswadari5833%menjadi8056%.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranInquiryTrainingdapatmeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswakelasVIIIASMPNegeri2Bangil.modelpembelajaranInquiryTrainingkeaktifansiswaprestasi