Penerapan pendekatan inquiri untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika pada siswa kelas X-4 SMAN 5 Kediri / Lidana Marta Sitika
Main Author: | Sitika, Lidana Marta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18310/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipendekataninkuirikemampuanbertanyasiswaprestasibelajarsiswa.HasilobservasimenunjukkanbahwasiswakelasX-4SMAN5Kediritidakaktifbertanya.Siswacenderungdiamjikadimintauntukbertanya.SelainitudariwawancaradengangurumenunjukkanbahwanilaiulangansiswakelasX-4SMAN5KedirimasihbanyakyangdibawahKKMsehinggadapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarsiswamasihkurang.Halinidimungkinkankarenapendekatanyangdigunakansebelumnyadalamprosespembelajarantidakcocokuntukkelasinidanperluadanyapendekatanyangbaruuntukmeningkatkankemampuanbertanyasiswadanprestasibelajarsiswa.Berdasarkankenyataanituperluditerapkanpendekatandalampembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswadanprestasibelajarsiswa.Pendekatanpembelajarantersebutadalahpendekataninkuiri.Tujuanpenelitianiniadalahmenerapkanpendekataninkuiriuntukmeningkatkankemampuanbertanyasiswadanprestasibelajarsiswapadapokokbahasanlistrikdinamis.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangdilakukandalamduasiklus.SiklusIdenganpokokbahasanHukumIkirchoffdansiklus2denganpokokbahasandayadanenergilistrik.PenelitiandilaksanakanpadasemesterIItahunajaran2010/2011dikelasX-4SMAN5Kediri.Subjekdalampenelitianiniberjumlah43siswadengan19siswaputradan24siswaputri.Prestasibelajarsiswadiperolehdarinilaipos-tesdannilaiujian.Kemampuanbertanyadinilaidengan4aspekyaitukualitasrelevansibahasadankeberanian.BerdasarkanhasilanalisisdanrefleksidiketahuibahwasetelahtindakanditerapkanterjadipeningkatanpersentasekemampuanbertanyasiswadarisiklusIdansiklusII.Peningkataninijugaterjadipadaprestasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapendekataninkuirimampumeningkatkanKemampuanbertanyadanprestasibelajarfisikapokokbahasanlistrikdinamispadasiswakelasX-4SMAN5Kediri.