Efektivitas pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPI Sabilillah Malang / Yulia Agustin Surya Juita
Main Author: | Juita, Yulia Agustin Surya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18306/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPBLPrestasiBelajarKemampuanBerpikirKritisdanBerpikirKreatifPerkembangansainsyangbegitupesatmengharuskanpendidikuntukmerancangdanmelaksanakanpendidikanyanglebihterarahpadapenguasaankonsepsains.Paraahlipembelajarantelahmenyarankanpenggunaanparadigmapembelajarankonstruktivistikdankegiatanpembelajaranhendaknyamempersiapkanpesertadidikyangmemilikikemampuandalammenyelesaikanmasalahkritisdankreatifdalamkondisiyangberwawasannasionalregionaldanglobal.PembelajaranPBLmerupakansuatumodelpembelajarankonstruktistik.OlehkarenaitupenelitimelakukanpenelitianuntukmengetahuiefektifitaspembelajaranPBLdalammeningkatkanprestasibelajarkemampuanberpikirkritisdanberpikirkreatifsiswakelasVIIISMPISabilillah.JenispenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemusampelyangdigunakanberasaldariduakelasyaitukelasVIIIAsebagaikelompokeksperimendankelasVIIIBsebagaikelompokkontrol.Penentuansampeldilakukandengancarapurposivesampling.KelompokeksperimenadalahkelompokyangdiajardenganmodelPBLsedangkankelaskontroladalahkelasyangdiajarsecarakonvensional.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikkuantitatifdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Datayanginginditelitiadalahprestasibelajarkemampuanberpikirkritisdankreatifsiswa.DataprestasibelajardianalaisisdenganujitsedangkandatakemampuanberpikirkritisdankreatifsiswadianalaisisdenganujiMann-Whitney.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilairata-rataprestasibelajarsiswapadakelaseksperimenadalah7329danpadakelaskontroladalah7440.Nilairata-ratainikemudiandiujihipotesismeggunakanUji-tfihakkanan.Uji-tfihakkanandigunakanuntukmengetahuiapakahprestasibelajarsiswayangdiajardenganPBLlebihtinggidibandingkannilaiyangdiajarsecarakonvensional.MelaluiUji-tdenganbantuanSPSSdiperolehhasilthitung0514ttabel1670.Kesimpulandarihasilanalisismenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswakelaseksperimenlebihkecilatausamadengankelaskontrol.Halinidisebabkanolehtidakmaksimalnyapenelitidalammelakukanprosespenelitian.DatakemampuanberpikirkritisdankreatifdiujidengananalisisnonparametristepatnyaadalahujiMann-Whitneykarenadatatidakterdistribusinormal.MelaluianalisisMann-WhitneydenganbantuanSPSSdiperolehnilaizuntukkemampuanberpikirkritisadalah4907165dan5608165untukdatakemampuanberpikirkreatif.HalinimengandungmaknabahwakemampuanberpikirkritisdankreatifsiswayangdiajarPBLlebihtinggidibandingsiswayangdiajarsecarakonvensional.