Pengembangan bahan ajar fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) dan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada pokok bahasan listrik dinamis untuk SMA/MA kelas X semester genap / Ino Angga Putra

Main Author: Putra, Ino Angga
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/18301/
Daftar Isi:
  • KatakunciBahanajarfisikaPBL(ProblemBasedLearning)nilai-nilaikewirausahaanlistrikdinamis.PeraturanMendiknasNo17Tahun2006menyatakanbahwapendidikanmenengahbertujuanmembentukpesertadidikmenjadiinsanberilmucakapkritiskreatifdaninovatif.Dilainpihakhasilsurveiterhadapsiswadangurume-nunjukkanbahwasangatdiperlukanbahanajarfisikayangdapatmelatihdanmengembangkanberpikirkritisdankreatifsertapenanamannilai-nilaikewira-usahaan.HasilpengamatandibeberapatokobukudiMalangmenunjukkanbahwabelumbanyakditemukanbahanajarfisikayangdapatmengembangkanberpikirkritisdankreatifsiswasertapenanamannilai-nilaikewirausahaan.OlehkarenaitudilakukanpenelitiandenganmenyusunbahanajarfisikaberbasisPBL(Pro-blemBasedLearning)danpenanamannilai-nilaikewirausahaanpadapokokbaha-sanListrikDinamis.TujuanpenelitianadalahuntukmendeskripsikankelayakanbahanajarfisikaberbasisPBL(ProblemBasedLearning)danpenanamannilai-nilaikewirausahaanpadapokokbahasanListrikDinamis.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanlimalangkahawalmetodeBorgdanGallyaitupenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembangandrafprodukujicobadanrevisihasilujicoba.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujivaliditasolehtimahlimateri(dosenFisika)danpenggunabahanajar(guruFisikaMANegeri3Malang).SelainituterkaitdenganketerbacaanbahanajarmakadilakukanujiketerbacaanolehsepuluhsiswaMANegeri3Malangyangmemilikikemampuantinggisedangdanrendahdenganmengisiangketdanmembacabahanajarkemudianmenandaikata-katasulitdankalimatyangbelumdipahami.HasilvalidasidaripenelitianinimenunjukkanbahwabahanajarfisikaberbasisPBL(ProblemBasedLearning)danpenanamannilai-nilaikewirausa-haanpadapokokbahasanlistrikdinamismemperolehnilairata-rata357yangberartilayak.Bahanajariniperludilakukanperbaikanberdasarkansarandankritikdaritimvalidator.Bahanajarfisikainibelumdapatdigunakanuntukpembelajarandikelas.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmela-kukanpenelitianpengembanganlebihlanjutterhadapbahanajarfisikatersebutdenganmelakukankajianeksperimendanujicobayanglebihluassehinggadi-perolehbahanajarfisikaberbasisPBL(ProblemBasedLearning)danpenanamannilai-nilaikewirausahaanpadapokokbahasanlistrikdinamisyangterujivaliditasnyasecaraempirisdansiapdigunakan.