Perbedaan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dan model jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Arjasa / Suharno Wahyudi

Main Author: Wahyudi, Suharno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18300/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajarankooperatifmodelGI(ModelGroupInvestigation)prestasibelajar.Prosespembelajaranyangditerapkanolehgurudikelassangatberpengaruhterhadapkeberhasilansiswadalambelajar.Rendahnyaprestasibelajarsiswamerupakanindikasipembelajaranyangbelumoptimal.Halinidipengaruhiolehbanyakfaktordiantaranyapenggunaanmetodepembelajaranyangkurangtepat.OlehkarenaituperluadanyametodeyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswayaitusalahsatunyadenganmenggunakanmetodekooperatifmodelGI(GroupInvestigation)danmodelJigsaw.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)danmodelpembelajaranJigsawterhadapprestasibelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeri2ArjasaSitubondoyangterdiridarikelasVIII-AsebagaikelaseksperimendankelasVIII-Bsebagaikelaspembanding.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanberupatesprestasifisikasiswayangdiberikansaatpra-tesdanpasca-tes.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-tuntukdataprestasibelajardenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilairata-rataPost-tesprestasibelajarfisikakelaseksperimentidaklebihtinggidibandingkankelaspembanding.Hasilrata-ratanilaiakhirkelaseksperimensebesar72.17.Sedangkanrata-ratanilaiakhirkelaspembandingsebesar69.95.Halinidapatdilihatdarihasilanalisisuji-tmenggunakanIndependentSampleT-Testthitung0.549dengandfsebesar44dantarafsignifikansi5%lebihkecildarittabel(t44.051.680).SehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)tidakberpengaruhlebihbesardaripadamodelpembelajaranmodelJigsawkhususpadapokokbahasanpesawatsederhanaterhadapprestasibelajarfisikasiswa.