Penerapan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan media alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Bagus Purwanto

Main Author: Purwanto, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18299/
Daftar Isi:
  • KataKunciKooperatifinvestigasikelompokMediaAlatPeragaPrestasiBelajarFisikaPenggunaanmetodepembelajaranyangmasihdidominasiolehceramahdalampembelajaranfisikamerupakanfaktorpenyebabkurangberkembangnyaprestasibelajarfisikasiswadisekolah.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII.HSMPNegeri10Malangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmaterifisikadenganmenggunakanmodelpembelajarantradisionalyangdidominasiolehmetodeceramahdanjarangmenggunakanmediaalatperaga.Selainitupenerapanmodelpembelajaranyangselalusamadalamsemuamaterimembuatsiswamerasajenuhpadaakhirnyamenyebabkanprestasibelajarfisikasiswamenjadirendah.Upayauntukmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswadanmenyiapkansiswaagarmemilikihubungansosialyangsehatakhir-akhirinibanyakdikembangkanmelaluipembelajarankooperatif.Salahsatunyaadalahkooperatifinvestigasikelompokdenganmediaalatperaga.Sejumlahstuditentangkooperatifinvestigasikelompokinitelahkonsistenmenemukanbahwasiswayangbelajardengancarainidapatbelajardanmengendapkanmaterilebihbanyakdaripadasiswayangsekedarmendengarkanmateripelajaran.TujuandaripenelitianinitidaklainuntukmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII.HSMPNegeri10Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tahaptahappenelitiantindakanberupasiklusspiralyangmeliputikegiatan1)perencanaan2)pemberiantindakan3)observasidan4)refleksiyangmembentuksiklusdemisiklussampaipenelitiantuntassehinggadiperolehdatayangdapatdikumpulkansebagaijawabandaripermasalahanpenelitian.Dalampenelitianinidilakukan2siklus.HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII.HSMPNegeri10Malangsetelahditerapkanmodelpembelajarankooperatifinvestigasikelompokdenganpeningkatanpadaprestasibelajarfisikadengannilaigainscore033padasiklusImenjadi044padasiklusIIdaninisudahberadadiatasKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Diharapkanpadapenelitianselanjutnyapembelajarandapatmenggunakanmodelkooperatifnvestigasikelompokdenganalatperagaterhadapprestasibelajarfisikakarenamodelkooperatifinvestigasikelompokdenganalatperagainidapatmeningkatkaninteraksisiswamelaluiproseskerjasamanya.