Penerapan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan media alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Bagus Purwanto
Main Author: | Purwanto, Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18299/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKooperatifinvestigasikelompokMediaAlatPeragaPrestasiBelajarFisikaPenggunaanmetodepembelajaranyangmasihdidominasiolehceramahdalampembelajaranfisikamerupakanfaktorpenyebabkurangberkembangnyaprestasibelajarfisikasiswadisekolah.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII.HSMPNegeri10Malangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmaterifisikadenganmenggunakanmodelpembelajarantradisionalyangdidominasiolehmetodeceramahdanjarangmenggunakanmediaalatperaga.Selainitupenerapanmodelpembelajaranyangselalusamadalamsemuamaterimembuatsiswamerasajenuhpadaakhirnyamenyebabkanprestasibelajarfisikasiswamenjadirendah.Upayauntukmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswadanmenyiapkansiswaagarmemilikihubungansosialyangsehatakhir-akhirinibanyakdikembangkanmelaluipembelajarankooperatif.Salahsatunyaadalahkooperatifinvestigasikelompokdenganmediaalatperaga.Sejumlahstuditentangkooperatifinvestigasikelompokinitelahkonsistenmenemukanbahwasiswayangbelajardengancarainidapatbelajardanmengendapkanmaterilebihbanyakdaripadasiswayangsekedarmendengarkanmateripelajaran.TujuandaripenelitianinitidaklainuntukmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII.HSMPNegeri10Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tahaptahappenelitiantindakanberupasiklusspiralyangmeliputikegiatan1)perencanaan2)pemberiantindakan3)observasidan4)refleksiyangmembentuksiklusdemisiklussampaipenelitiantuntassehinggadiperolehdatayangdapatdikumpulkansebagaijawabandaripermasalahanpenelitian.Dalampenelitianinidilakukan2siklus.HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII.HSMPNegeri10Malangsetelahditerapkanmodelpembelajarankooperatifinvestigasikelompokdenganpeningkatanpadaprestasibelajarfisikadengannilaigainscore033padasiklusImenjadi044padasiklusIIdaninisudahberadadiatasKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu75.Diharapkanpadapenelitianselanjutnyapembelajarandapatmenggunakanmodelkooperatifnvestigasikelompokdenganalatperagaterhadapprestasibelajarfisikakarenamodelkooperatifinvestigasikelompokdenganalatperagainidapatmeningkatkaninteraksisiswamelaluiproseskerjasamanya.