Peningkatan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika melalui pemblajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VII A SMPN 4 Malang / Karunia Pertiwi Abimanyu
Main Author: | Abimanyu, Karunia Pertiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18294/ |
Daftar Isi:
- Katakuncikemampuanbertanyamodelpencapaiankonsep(AttainingConcepts)pemahamankonseppembelajaranberbasisinkuiriPenelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanpembelajaranberbasisinkuridenganmodelpencapaiankonsepuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepfisikasiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Pembelajaraniniterdiridari2siklusmasing-masingsiklusterdiridari3tahapanpembelajaranyaitupenyajiandatadanidentifikasikonseppengujianpencapaiankonsepdananalisisstrategi-strategiberpikir.Tahapaninisesuaidengantahapanmodelpencapaiankonsepyangditerapkan.Datadiperolehdaricatatanlapanganlembarobservasidantesakhirsiklus.Analisisdatadilakukandenganreduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianpadasiklusIdanpadasiklusIImenunjukkanketerlaksanaanpenerapanpembelajaranberbasisinkuridenganmodelpencapaiankonsepmengalamipeningkatan645%.KemampuanbertanyasiswapadaaspekjumlahsiswayangbertanyatidakmengalamipeningkatanmaupunpenurunandarihasilpadasiklusIdansiklusIIyaitutetap5135%.KemampuanbertanyasiswaaspekkualitasrelevansidanbahasapadasiklusIdansiklusIImengalamipeningkatansebesar3.77%.Hasilpenelitiandariaspekyangditelititerakhiryaitupemahamankonsepfisikasiswajugameningkat270%.Saranyangdapatdiberikanberdasarkanhasilpenelitianadalahpenerapanpembelajaranberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepinidapatditerapkanpadamateripelajaransainsyanglain.Pelaksanaanpembelajaranberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepdiperlukanmanajemenkelasdanmanajemenwaktuyangbaikagarhasilpembelajarannyaoptimal.