Peningkatan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep fisika melalui pemblajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VII A SMPN 4 Malang / Karunia Pertiwi Abimanyu

Main Author: Abimanyu, Karunia Pertiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18294/
Daftar Isi:
  • Katakuncikemampuanbertanyamodelpencapaiankonsep(AttainingConcepts)pemahamankonseppembelajaranberbasisinkuiriPenelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanpembelajaranberbasisinkuridenganmodelpencapaiankonsepuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepfisikasiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Pembelajaraniniterdiridari2siklusmasing-masingsiklusterdiridari3tahapanpembelajaranyaitupenyajiandatadanidentifikasikonseppengujianpencapaiankonsepdananalisisstrategi-strategiberpikir.Tahapaninisesuaidengantahapanmodelpencapaiankonsepyangditerapkan.Datadiperolehdaricatatanlapanganlembarobservasidantesakhirsiklus.Analisisdatadilakukandenganreduksidatapaparandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianpadasiklusIdanpadasiklusIImenunjukkanketerlaksanaanpenerapanpembelajaranberbasisinkuridenganmodelpencapaiankonsepmengalamipeningkatan645%.KemampuanbertanyasiswapadaaspekjumlahsiswayangbertanyatidakmengalamipeningkatanmaupunpenurunandarihasilpadasiklusIdansiklusIIyaitutetap5135%.KemampuanbertanyasiswaaspekkualitasrelevansidanbahasapadasiklusIdansiklusIImengalamipeningkatansebesar3.77%.Hasilpenelitiandariaspekyangditelititerakhiryaitupemahamankonsepfisikasiswajugameningkat270%.Saranyangdapatdiberikanberdasarkanhasilpenelitianadalahpenerapanpembelajaranberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepinidapatditerapkanpadamateripelajaransainsyanglain.Pelaksanaanpembelajaranberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepdiperlukanmanajemenkelasdanmanajemenwaktuyangbaikagarhasilpembelajarannyaoptimal.