Pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA siswa di kelas VII-C SMP Negeri 4 Malang / Gunawan Hadi Winarto
Main Author: | Winarto, Gunawan Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18290/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajaranaktifberbasisinkuirimodelpencapaiankonsepkemampuanbertanyapemahamankonsepIPA.KemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAsiswakelasVII-CSMPN4Malangmasihrendahdanperluditingkatkan.PenelitiberkolaborasidengangurumenerapkanpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAsiswadikelasVII-CSMPN4Malang.PenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdariKemmisMcTaggartdengantahapanindentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanselamaduasiklusdikelasVII-CSMPN4Malangyangterdiridari37siswapadasemesterIIdenganmaterikalor.PemahamankonsepIPAdiukurdarijumlahsiswayangnilainyamencapaiKKMsedangkankemampuanbertanyadiukurberdasarkanjumlahsiswayangmengajukanpertanyaandanskorpertanyaan.Skorpertanyaanyangdimaksudadalahaspekkualitasrelevansidanbahasa.HasilpenelitianmenunjukanbahwakemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAmeningkat.Persentasejumlahsiswayangbertanyapadaobservasiawalsebesar125%meningkatmenjadi2639%padasiklusItetapipadasiklusIIpersentasenyasamadenganyangdicapaipadasiklusI.SkorpertanyaansiswapadasiklusI6880%menjadi7009%padasiklusII.PemahamankonsepIPAsiswajugamengalamipeningkatan8333%padaobservasiawalmenjadi8611%padasiklusIdan9444%padasiklusII.KesimpulanpenelitianiniadalahpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepdapatmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPApadasiswakelasVII-CSMPN4Malang.