Pembelajaran aktif berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan pemahaman konsep IPA siswa di kelas VII-C SMP Negeri 4 Malang / Gunawan Hadi Winarto

Main Author: Winarto, Gunawan Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18290/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaranaktifberbasisinkuirimodelpencapaiankonsepkemampuanbertanyapemahamankonsepIPA.KemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAsiswakelasVII-CSMPN4Malangmasihrendahdanperluditingkatkan.PenelitiberkolaborasidengangurumenerapkanpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAsiswadikelasVII-CSMPN4Malang.PenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdariKemmisMcTaggartdengantahapanindentifikasimasalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukanselamaduasiklusdikelasVII-CSMPN4Malangyangterdiridari37siswapadasemesterIIdenganmaterikalor.PemahamankonsepIPAdiukurdarijumlahsiswayangnilainyamencapaiKKMsedangkankemampuanbertanyadiukurberdasarkanjumlahsiswayangmengajukanpertanyaandanskorpertanyaan.Skorpertanyaanyangdimaksudadalahaspekkualitasrelevansidanbahasa.HasilpenelitianmenunjukanbahwakemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPAmeningkat.Persentasejumlahsiswayangbertanyapadaobservasiawalsebesar125%meningkatmenjadi2639%padasiklusItetapipadasiklusIIpersentasenyasamadenganyangdicapaipadasiklusI.SkorpertanyaansiswapadasiklusI6880%menjadi7009%padasiklusII.PemahamankonsepIPAsiswajugamengalamipeningkatan8333%padaobservasiawalmenjadi8611%padasiklusIdan9444%padasiklusII.KesimpulanpenelitianiniadalahpembelajaranaktifberbasisinkuiridenganmodelpencapaiankonsepdapatmeningkatkankemampuanbertanyadanpemahamankonsepIPApadasiswakelasVII-CSMPN4Malang.