Pembelajaran fisika dengan strategi react untuk meningkatkan kemampuan berpkir dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII G SMP Negeri 18 Malang / Ayu Ariani

Main Author: Ariani, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18284/
Daftar Isi:
  • KataKunciKemampuanberpikirkemampuankerjailmiahpembelajaranstrategiREACT.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapembelajaranfisikadenganstrategiREACTdapatmeningkatkankemampuanberpikirdankemampuankerjailmiahsiswakelasVIIIGSMPNegeri18Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri18MalangdengansubjekpenelitiankelasVIIIG.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahkemampuanberpikirdankemampuankerjailmiah.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitupedomanobservasi.Teknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahobservasireduksidatapaparandatapenarikankesimpulanverifikasidanrefleksi.Ketercapaiankemampuanberpikirdankemampuankerjailmiahsiswadianalisisdenganmenggunakanteknikdeskriptifyaitupersentase.HasilanalisispadasiklusIdansiklusIImenunjukkankemampuanberpikirdankemampuankerjailmiahsiswakelasVIIIGsemester2SMPNegeri18Malangmengalamipeningkatandarikondisisebelumdiberitindakan.Kemampuanberpikiryangdimaksudadalahkemampuanbertanyadankemampuanmenjawabsiswa.KemampuanbertanyasiswamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar516%menjadi778%padasiklusII.SedangkankemampuanmenjawabpertanyaanguruolehsiswameningkatdarisiklusIsebesar50%menjadi775%padasiklusII.Kemampuankerjailmiahsiswamengalamipeningkatansecarakeseluruhanpadamasing-masingaspekyangdilatihkanmeliputi1)melakukanpengamatanmeningkatdari68%menjadi839%2)melakukanpengukuranmeningkatdari668%menjadi872%3)menggunakanalatpercobaanmeningkatdari657%menjadi83%4)mengumpulkandatameningkatdari68%menjadi83%dan5)menyusunsertamelaporkanhasilpercobaanmeningkatdari617%menjadi811%.HasilpenelitiansecarakeseluruhanmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganstrategiREACTdapatmeningkatkankemampuanberpikirdankemampuankerjailmiahsiswa.