Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme topik kendaraan bermotor terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dau semester genap tahun ajaran 2010/2011 / Febrianto Yudhi Setiawan
Main Author: | Setiawan, Febrianto Yudhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18280/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengaruhPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntukSatuanPendidikanDasardanMenengahsecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.HasilpengamatandiSMPNegeri1DaumenunjukkanbahwapembelajaranIPAmasihdisampaikansecaraterpisah-pisahdalamdisiplinilmufisikakimiadanbiologi.SalahsatupenyebabnyaadalahkarenaterbatasnyabahanajaryangmenyajikanIPAsecaraterpadu.Padatahun2010telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganTopikKendaraanBermotorolehMuminulmuhaimindkkyangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMP.Penelitianinibermaksudmengujipakettersebutsecaraempirik.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri1DauTahunPelajaran2010/2011.SampelpadapenelitianiniadalahkelasVIIIBdanVIIIDyangdipilihsecaraacakkelompok.KelasVIIIBberjumlah34siswadanditetapkansebagaikelaseksperimensedangkanVIIIDberjumlah34siswadanditetapkansebagaikelaspembanding(Kontrol).InstrumenperlakuanpadapenelitianiniadalahPaketIPATerpaduBerbasisKonstruktivismedenganTopikKendaraanBermotoryangdigunakansebagaibahanajaruntukpembelajaranIPApadaKelaseksperimensedangkankelaspembandingmendapatpembelajaranIPAdenganpaketIPAyangtelahditetapkansekolah.KeduakelasmemperolehmateriyangsamasesuaiSKdanKDIPAkelasVIII.InstrumenpengukurankompetensiIPAberupapilihangandauntuksoaltesprestasibelajarsebanyak12butirdenganreliabilitas0574essayuntuksoalteskerjailmiahsebanyak10butirdenganreliabilitas0585danskalasikapilmiahuntukmengukursikapilmiahsebanyak16butirdenganreliabilitas0802.Instrumendigunakanuntukpretestdanposttestpadakelaseksperimendankelaspembandingsetelahsebelumnyadiujikanpada141respondendandinyatakanvalidberdasarkantarafkesukarandayapembedadanvaliditas.UjihipotesisdilakukandengananalisisNonparametrikmenggunakanujiMann-WhitneyUHasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorprestasibelajardankerjailmiahsiswakelaseksperimenlebihtinggidarikelaspembandingsedangkanskorsikapilmiahsiswakelaseksperimendankelaspembandingtidakadaperbedaan.