Penerapan model pembelajaran react berbantuan diagram vee untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Rismatul Azizah
Main Author: | Azizah, Rismatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18276/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelREACTdiagramVeekerjailmiahprestasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruFisikakelasVIII-ESMPNegeri8Malangdiperolehinformasibahwajampelajarandominandigunakanguruuntukmenerangkanmaterikepadasiswadenganmetodeceramahsehinggasiswacenderungpasifkarenasiswahanyasebatasmendengarkanmencatatdanmelakukaninstruksiguru.Metodeeksperimenjarangdigunakansehinggakemampuankerjailmiahsiswarendah.Selainituprestasibelajarfisikasiswamasihrendahdilihatdarinilairata-rataulanganhariansiswasebesar6395denganpersentaseketuntasanbelajarsebesar1163%.Salahsatucarayangditem-puhuntuknengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanmodelpembela-jaranREACTberbantuandiagramVeeyangterdiriatas5tahapanyaiturelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.DiagramVeedigunakanuntukmemaksimalkankegiatanpadatahapexperiencingkarenadapatmembantusiswamengintegrasikankonsep-konsepyangdimilikisebagaipenge-tahuanawaldenganpengetahuanbaruyangberusahadikontruksiataudipahamidalampelak-sanaaneksperimen.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaketerlaksanaanpembelajarandenganmenerapkanmodelREACTberbantuandiagramVeebagai-manapeningkatankemampuankerjailmiahdanprestasibelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeri8MalangsetelahditerapkanmodelpembelajaranREACTberbantuandiagramVee.Sesuaidenganyangdiungkapkan(Yuliati200860)bahwamodelpembelajaranREACTefektifmeningkatkankemampuandanhasilbelajarsiswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasterdiridari2siklus.DataketerlaksanaanmodelpembelajaranREACTberbantuandia-gramVeedankemampuankerjailmiahdiperolehdenganinstrumenpengamatansedangkanprestasibelajardiperolehdarihasiltesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanketerlaksanaanpembelajarandenganmodelREACTberbantuandiagramVee8142%padasiklusIdan9278%padasiklusII.Kemampuankerjailmiahsiswamengalamipeningkatansecarakeseluruhanpadamasing-masingindikatormeliputi(1)penyelidikan/penelitianmeningkatdari7930%menjadi9093%(2)komunikasiilmiahmeningkatdari7247%menjadi8372%(3)pengembangankreatifitasdanpemecahanmasalahmeningkatdari7047%menjadi8117%dan(4)sikapilmiahmeningkatdari7628%menjadi8349%.PrestasibelajarfisikapadasiklusImencapairata-rata7477danpersentaseketuntasansebesar7209%.PadasiklusIIrata-rataprestasibelajarmeningkatmenjadi8430danpersentaseketuntasanbelajarsebesar8837%.