Pengembangan video pembelajaran IPA terpadu dengan tema air limbah rumah tangga menggunakan model pencapaian konsep sebagai sumber belajar bagi guru SMP / Linda Diyah Islami
Main Author: | Islami, Linda Diyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18267/ |
Daftar Isi:
- atakunciIPATerpadumodelpencapaiankonsepsumberbelajartemaairlimbahrumahtanggaPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsimenyatakansecarategasbahwasubstansimatapelajaranIPAuntukSMP/MTsmerupakanIPAterpadu.DilainpihakmateripembelajaranIPAdisekolahdisampaikansecaraterpisah.PencapaianStandarKompetensidanKompetensiDasarmatapelajaranmasihdilakukansesuaidenganbidangkajianmasing-masing.PembelajaranIPAmenuntutsiswauntukmemperolehpengalamanbelajaryangkontekstualsehinggaperluadanyapenggunaansuatumodelpembelajaranyangdapatmemacusiswauntuklebihaktifmeningkatkankemampuanberpikirdanpemahamankonsep.Modelpembelajaranyangtepatuntukdigunakanadalahmodelpencapaiankonsep.OlehkarenaitudilakukanpengembanganvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepsebagaisumberbelajarbagiguruSMP.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakandesainBorgdanGall.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujikelayakanolehahlimateridanahlimediadanpenggunasumberbelajardenganinstrumentberupaangket.Datayangdiperolehdianalisismengggunakanperhitunganrata-ratakemudiandikuantitatifkanmenjaditingkatkelayakan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwavideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepmemperolehnilairata-rata332yangmasukdalamkategorilayak.OlehkarenaituvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepinilayakdigunakanolehguruuntukmempelajaripembelajaranIPAterpadudanmodelpencapaiankonsep.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmelakukanpenelitianpengembanganlebihlanjutterhadapvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepdenganmelakukankajianeksperimendanujicobayanglebihluassehinggadiperolehvideopembelajaranyangterujikelayakannyasecaraempirisdansiapdigunakan.