Pengembangan video pembelajaran IPA terpadu dengan tema air limbah rumah tangga menggunakan model pencapaian konsep sebagai sumber belajar bagi guru SMP / Linda Diyah Islami

Main Author: Islami, Linda Diyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18267/
Daftar Isi:
  • atakunciIPATerpadumodelpencapaiankonsepsumberbelajartemaairlimbahrumahtanggaPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsimenyatakansecarategasbahwasubstansimatapelajaranIPAuntukSMP/MTsmerupakanIPAterpadu.DilainpihakmateripembelajaranIPAdisekolahdisampaikansecaraterpisah.PencapaianStandarKompetensidanKompetensiDasarmatapelajaranmasihdilakukansesuaidenganbidangkajianmasing-masing.PembelajaranIPAmenuntutsiswauntukmemperolehpengalamanbelajaryangkontekstualsehinggaperluadanyapenggunaansuatumodelpembelajaranyangdapatmemacusiswauntuklebihaktifmeningkatkankemampuanberpikirdanpemahamankonsep.Modelpembelajaranyangtepatuntukdigunakanadalahmodelpencapaiankonsep.OlehkarenaitudilakukanpengembanganvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepsebagaisumberbelajarbagiguruSMP.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakandesainBorgdanGall.Kelayakandiukurdenganmenggunakanujikelayakanolehahlimateridanahlimediadanpenggunasumberbelajardenganinstrumentberupaangket.Datayangdiperolehdianalisismengggunakanperhitunganrata-ratakemudiandikuantitatifkanmenjaditingkatkelayakan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwavideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepmemperolehnilairata-rata332yangmasukdalamkategorilayak.OlehkarenaituvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepinilayakdigunakanolehguruuntukmempelajaripembelajaranIPAterpadudanmodelpencapaiankonsep.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmelakukanpenelitianpengembanganlebihlanjutterhadapvideopembelajaranIPAdengantemaairlimbahrumahtanggamenggunakanmodelpencapaiankonsepdenganmelakukankajianeksperimendanujicobayanglebihluassehinggadiperolehvideopembelajaranyangterujikelayakannyasecaraempirisdansiapdigunakan.