Pengembangan media pembelajaran fisika kartun animasi pokok bahasan gerak untuk siswa SMP kelas VII semester 2 / Joko Dwi Eryanto

Main Author: Eryanto, Joko Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18258/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganmediafisikakartunanimasiPerkembanganIPTEKyangdiiringidenganperkembangankomputersebagaisaranapembelajaranmemungkinkandibuatnyamediapembelajaranyangberbasisanimasikomputersehinggadapatmembantuprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkansebuahmediapembelajaranfisikaberbasisanimasikomputerdengangambarkartunyangdapatdigunakanolehgurudansiswadalamprosespembelajaranfisikaSMPkelasVIIpadapokokbahasangerak.Pokokbahasangerakterdiridaripengertiangerakjarakperpindahandanlintasankecepatandankelajuanpercepatandanperlambatangeraklurusberaturandangeraklurusberubahberaturan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchandDevelopment)yaitulangkah-langkahuntukmengembangkansuatuprodukbaru.Produktersebutberupamediapembelajaranberbasisanimasikomputerdenganmemberikangambardansimbolkartun.Pengembanganprodukmediapembelajarankartunanimasiinimenggunakandesainyangmerupakanmodifikasidarilangkah-langkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBorgGallyangterdiridaristudipendahuluanpengembanganprodukdanpengujian.SoftwareyangdigunakanuntukmengembangkanprodukmediapembelajaraniniadalahsoftwareSwishMax2005.Penelitianinihanyasampaipadatahapujicobaterbatas.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukandenganmenggunakaninstrumentberupaangket/kuisionerkepadaahlimediaahlimateridanaudien(siswa).KegiatanvalidasidilakukandiSMPNegeri9Malang.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikpersentase.Berdasarkananalisisdataujicobaterbatasahlimediaahlimateridanaudien(siswa)diketahuitingkatkevalidanmediapembelajaranyangdikembangkansebesar83%menurutahlimedia89%menurutahlimateridan85%menurutaudien(siswa).