Pengembangan media pembelajaran fisika kartun animasi pokok bahasan gerak untuk siswa SMP kelas VII semester 2 / Joko Dwi Eryanto
Main Author: | Eryanto, Joko Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18258/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipengembanganmediafisikakartunanimasiPerkembanganIPTEKyangdiiringidenganperkembangankomputersebagaisaranapembelajaranmemungkinkandibuatnyamediapembelajaranyangberbasisanimasikomputersehinggadapatmembantuprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkansebuahmediapembelajaranfisikaberbasisanimasikomputerdengangambarkartunyangdapatdigunakanolehgurudansiswadalamprosespembelajaranfisikaSMPkelasVIIpadapokokbahasangerak.Pokokbahasangerakterdiridaripengertiangerakjarakperpindahandanlintasankecepatandankelajuanpercepatandanperlambatangeraklurusberaturandangeraklurusberubahberaturan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchandDevelopment)yaitulangkah-langkahuntukmengembangkansuatuprodukbaru.Produktersebutberupamediapembelajaranberbasisanimasikomputerdenganmemberikangambardansimbolkartun.Pengembanganprodukmediapembelajarankartunanimasiinimenggunakandesainyangmerupakanmodifikasidarilangkah-langkahpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBorgGallyangterdiridaristudipendahuluanpengembanganprodukdanpengujian.SoftwareyangdigunakanuntukmengembangkanprodukmediapembelajaraniniadalahsoftwareSwishMax2005.Penelitianinihanyasampaipadatahapujicobaterbatas.Pengambilandataujicobaterbatasmediapembelajarandilakukandenganmenggunakaninstrumentberupaangket/kuisionerkepadaahlimediaahlimateridanaudien(siswa).KegiatanvalidasidilakukandiSMPNegeri9Malang.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikpersentase.Berdasarkananalisisdataujicobaterbatasahlimediaahlimateridanaudien(siswa)diketahuitingkatkevalidanmediapembelajaranyangdikembangkansebesar83%menurutahlimedia89%menurutahlimateridan85%menurutaudien(siswa).