Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-B MTs Surya Buana Malang / Jenny Noerhadi Wildani
Main Author: | Wildani, Jenny Noerhadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18248/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelProblemBasedLearningberpikirkritishasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVII-BMTsSuryaBuanaMalangdiperolehinformasibahwametodepembelajaranyangdigunakanadalahmetodecermah.Metodepraktikumdandiskusibelumpernahditerapkansehinggakemampuanberpikirkritismeliputimengenaldanmemecahkanmasalahmembuathipotesismenganalisisdatamembuatkesimpulandanmenerapkankonseprendah.Selainituhasilbelajarberupaaspekkognitifafektifdanpsikomotorikrendah.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaadalahmodelProblemBasedLearning(PBL).TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasVII-BMTsSuryaBuanaMalangmelaluimodelProblemBasedLearning(PBL).Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiantindakankelas(PTK)sertabertujuanuntukmemperbaikisuatukeadaanpembelajarandidalamkelas.PenelitianinidilakukandenganduasiklusdansetiapsiklusPTKterdiriatasperencanaantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.TindakanpadapenelitianiniadalahmodelProblemBasedLearning(PBL).PenelitianinidilakukandikelasVII-BMTsSuryaBuanaMalangsemesterganjil2010/2011.DatayangdiambildalampenelitianiniadalahpenerapanpembelajaranPBLdatahasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswayangdiambildarihasilobservasibaiksebelummaupunselamapenelitiandilakukan.HasilpenelitiandananalisisdatamenunjukkanbahwapembelajaranmodelProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswa.PadasiklusInilaihasilbelajaraspekkognitifdengannilairata-rata69denganketuntasanbelajar45%nilaiaspekpsikomotordenganrata-rata214danaspekafektifdenganrata-rata216.KemudianpadasiklusIInilaihasilbelajaraspekkognitifdengannilairata-rata80denganketuntasanbelajar76%nilaiaspekpsikomotordenganrata-rata342danaspekafektifdenganrata-rata336.PersentasekemampuanberpikirkritispadasiklusIadalah63%danpadasiklusIImenjadi83%(naik20%).DaripenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmodelProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswakelasVII-BMTsSuryaBuanaMalang.DisarankanbagigurufisikahendaknyaberkenanmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)karenaterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirkritissiswa.