Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Rahmatinnija
Main Author: | Rahmatinnija |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18245/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankontekstualmediasederhanaprestasimotivasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruIPAfisikakelasVIISMPMuhammadiyah6Malangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmaterifisikadenganmetodeceramahdandiskusikelas.Metodepraktikumdandiskusikelompokkecilsertapenggunaanmediapembelajaranjarangditerapkan.Gurumenyampaikanmateridengancaraceramahmemberikancatatanmemberikantugasmerangkumdanlatihansoalkepadasiswa.Metodesepertiinimembuatsiswabosanpasifdantidakkritisdalammemecahkanmasalah-masalahfisikadalamkehidupansehari-hari.Haliniberdampakpadaren-dahnyaprestasidanmotivasisiswadalammempelajaripelajaranIPAkhususnyafisika.Salahsatumodelpembelajaranyangcocokditerapkanuntukmeningkatkanprestasidanmotivasisiswauntukmempelajarifisikayaitudenganmenerapkanpembelajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhana.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpembelajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhanasehinggadapatmeningkatkanprestasidanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIISMPMuhammadiyah6Malang.Jenispe-nelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggu-nakanpendekatankualitatif.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajar-anlembarobservasimotivasisiswaangkettesdancatatanlapangan.PenelitiandilaksanakandikelasVIISMPMuhammadiyah6Malangdenganjumlahsiswa12orangterdiridari6siswaperempuandan6siswalaki-laki.Peningkatanmotivasibelajarsiswasebelumdansesudahtindakanuntukmengalamipeningkatanpadatiapaspeknyayaitupadaaspekminatmencapai48.9%padaaspekperhatianmencapai40%dan60%padaaspekketekunansedangkanuntukkeseluruhanaspekmotivasipadaobservasiawal41.2%padasiklusI74.1%sedangkansiklusII89.4%.Hasilangketmotivasibelajarsiswamenunjukkanindexrata-ratamotivasibelajarsebesar2.99(motivasicukup)dansetelahtindakansebesar4.17(motivasibaik)denganpeningkatan39.5%.PrestasibelajarsiswauntuknilaimencapaiKKMsekolahdarisebelumkesesudahtindakanmengalamipeningkatan41.67%.Sedangkanpadapeningkatanprestasidarinilairata-ratamencapai9.25(13.6%).Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembe-lajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhanadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.