Penerapan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media sederhana untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Rahmatinnija

Main Author: Rahmatinnija
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18245/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankontekstualmediasederhanaprestasimotivasibelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruIPAfisikakelasVIISMPMuhammadiyah6Malangdiperolehinformasibahwaselamaprosespembelajarangurumemberikanmaterifisikadenganmetodeceramahdandiskusikelas.Metodepraktikumdandiskusikelompokkecilsertapenggunaanmediapembelajaranjarangditerapkan.Gurumenyampaikanmateridengancaraceramahmemberikancatatanmemberikantugasmerangkumdanlatihansoalkepadasiswa.Metodesepertiinimembuatsiswabosanpasifdantidakkritisdalammemecahkanmasalah-masalahfisikadalamkehidupansehari-hari.Haliniberdampakpadaren-dahnyaprestasidanmotivasisiswadalammempelajaripelajaranIPAkhususnyafisika.Salahsatumodelpembelajaranyangcocokditerapkanuntukmeningkatkanprestasidanmotivasisiswauntukmempelajarifisikayaitudenganmenerapkanpembelajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhana.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpembelajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhanasehinggadapatmeningkatkanprestasidanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIISMPMuhammadiyah6Malang.Jenispe-nelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggu-nakanpendekatankualitatif.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajar-anlembarobservasimotivasisiswaangkettesdancatatanlapangan.PenelitiandilaksanakandikelasVIISMPMuhammadiyah6Malangdenganjumlahsiswa12orangterdiridari6siswaperempuandan6siswalaki-laki.Peningkatanmotivasibelajarsiswasebelumdansesudahtindakanuntukmengalamipeningkatanpadatiapaspeknyayaitupadaaspekminatmencapai48.9%padaaspekperhatianmencapai40%dan60%padaaspekketekunansedangkanuntukkeseluruhanaspekmotivasipadaobservasiawal41.2%padasiklusI74.1%sedangkansiklusII89.4%.Hasilangketmotivasibelajarsiswamenunjukkanindexrata-ratamotivasibelajarsebesar2.99(motivasicukup)dansetelahtindakansebesar4.17(motivasibaik)denganpeningkatan39.5%.PrestasibelajarsiswauntuknilaimencapaiKKMsekolahdarisebelumkesesudahtindakanmengalamipeningkatan41.67%.Sedangkanpadapeningkatanprestasidarinilairata-ratamencapai9.25(13.6%).Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembe-lajarankontekstualdenganmenggunakanmediasederhanadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.