Studi komparatif antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction untuk memperbaiki prestasi dan minat belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri satu atap Merjosari Malang / Aria Latifah Sudiana

Main Author: Sudiana, Aria Latifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18244/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbingdirectinstructionprestasidanminatbelajar.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuimanakahdaripembelajaraninkuiriterbimbingdandirectinstructionyangdapatmemperbaikiprestasibelajardanminatbelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Halinidilaksanakankarenaselamaprosesbelajar-mengajardikelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangtidaknampakperilakusiswayangmenunjukkanindikatorminatbelajarsiswasepertikeaktifandanketerpusatansiswaselamamengikutipelajaranfisika.Prestasibelajarfisikajugamasihrendah.DengandemikiandiperlukanupayauntukmemperbaikiminatdanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangTahunAjaran2010/2011padamatapelajaranfisika.DalamrangkaitumakadilakukanpenelitiandenganjudulStudiKomparatifantaraPembelajaranInkuiriTerbimbingdanDirectInstructionuntukMemperbaikiPrestasidanMinatBelajarFisikaPadaSiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdantermasukjenispenelitianeksperimentalsemu.SampelpenelitianiniberupakelasyangditentukansecararandomdanakhirnyaterpilihkelasVIII-CsebagaikelasyangdiajardenganmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasVIII-Byangdiajardenganmenggunakanpembelajarandirectinstruction.DalampenelitianinipenelitibekerjasamadengangurufisikakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalanguntukmenerapkanpembelajaraninkuiriterbimbingpadasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.PokokbahasanyangdigunakandalampenelitianiniadalahUsahadanEnergi.Dataperolehanminatbelajarsiswamelaluiangketdengansubvariabelminatyangdievaluasipadapenelitianinimeliputikemauanmengikutipelajaranfisikadankesenanganmengikutipelajaranfisika.Dataprestasibelajarfisikahanyapadaaspekkognitifsajayangdiperolehdarinilaipretestdanposttest.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakaninkuiriterbimbingdapatmemperbaikiprestasidanminatbelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangTahunajaran2010/2011.Nilairata-rataprestasibelajaruntukkelasVIII-Csebesar6809sedangkanuntukkelasVIII-Bnilairata-rataprestasibelajarsebesar6012.SkorminatawalsiswauntukkelasVIII-Csebesar57152yangkemudianmeningkatmenjadi61818sedangkanuntukkelasVIII-Bskorminatawalsiswasebesar55625yangkemudianmeningkatmenjadi59687.