Studi komparatif antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction untuk memperbaiki prestasi dan minat belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri satu atap Merjosari Malang / Aria Latifah Sudiana
Main Author: | Sudiana, Aria Latifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18244/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingdirectinstructionprestasidanminatbelajar.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuimanakahdaripembelajaraninkuiriterbimbingdandirectinstructionyangdapatmemperbaikiprestasibelajardanminatbelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Halinidilaksanakankarenaselamaprosesbelajar-mengajardikelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangtidaknampakperilakusiswayangmenunjukkanindikatorminatbelajarsiswasepertikeaktifandanketerpusatansiswaselamamengikutipelajaranfisika.Prestasibelajarfisikajugamasihrendah.DengandemikiandiperlukanupayauntukmemperbaikiminatdanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangTahunAjaran2010/2011padamatapelajaranfisika.DalamrangkaitumakadilakukanpenelitiandenganjudulStudiKomparatifantaraPembelajaranInkuiriTerbimbingdanDirectInstructionuntukMemperbaikiPrestasidanMinatBelajarFisikaPadaSiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdantermasukjenispenelitianeksperimentalsemu.SampelpenelitianiniberupakelasyangditentukansecararandomdanakhirnyaterpilihkelasVIII-CsebagaikelasyangdiajardenganmenggunakanpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasVIII-Byangdiajardenganmenggunakanpembelajarandirectinstruction.DalampenelitianinipenelitibekerjasamadengangurufisikakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalanguntukmenerapkanpembelajaraninkuiriterbimbingpadasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalang.PokokbahasanyangdigunakandalampenelitianiniadalahUsahadanEnergi.Dataperolehanminatbelajarsiswamelaluiangketdengansubvariabelminatyangdievaluasipadapenelitianinimeliputikemauanmengikutipelajaranfisikadankesenanganmengikutipelajaranfisika.Dataprestasibelajarfisikahanyapadaaspekkognitifsajayangdiperolehdarinilaipretestdanposttest.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakaninkuiriterbimbingdapatmemperbaikiprestasidanminatbelajarfisikasiswakelasVIIISMPNegeriSatuAtapMerjosariMalangTahunajaran2010/2011.Nilairata-rataprestasibelajaruntukkelasVIII-Csebesar6809sedangkanuntukkelasVIII-Bnilairata-rataprestasibelajarsebesar6012.SkorminatawalsiswauntukkelasVIII-Csebesar57152yangkemudianmeningkatmenjadi61818sedangkanuntukkelasVIII-Bskorminatawalsiswasebesar55625yangkemudianmeningkatmenjadi59687.