Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII / Melina Andriyani Riyanto
Main Author: | Riyanto, Melina Andriyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18242/ |
Daftar Isi:
- KatakuncibahanajarIPAterpaduSalingtemasgerakdancirikehidupanBerdasarkansurveyterhadapbukuIPAterpaduyangberedarditokobukumenunjukkanbahwamateriIPAmasihdisajikansecaraterpisah-pisahantaramaterifisikakimiadanbiologi.BukuyangdigunakansiswadisekolahsudahberlabelIPAterpadunamunmateriyangdisajikandidalamnyamasihterpisah-pisah.HalinibelumsesuaidenganKTSP.KTSPsecaraimplisitmenyatakanbahwaIPAuntukjenjangSMP/MTsdisajiandalamIPAterpadu.BahanajarIPAterpadubelumtersediadilapanganmakatujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanbahanajarIPAterpaduberbasissalingtemasdanmenemukankelebihandankekuranganbahanajarIPAterpadu.ProdukpengembanganiniadalahbahanajarIPAterpaduberbasisSalingtemasdengantemagerakdancirikehidupanuntukSMPkelasVII.Penelitianinimenggunakanlangkah-langkahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopmentRD)yangdikemukakanolehBorgdanGall(1978)yangtelahdimodifikasi.Kegiatanpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakadansurveilapangandan(2)pengembanganbahanajarmeliputipembuatandraftpenilaianpakarrevisibahanajardanpenyempurnaanbahanajar.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaangketpenilaianbahanajarangketujikelayakanisidanangketujikelayakanpenyajian.Teknikanalisisyangdigunakanadalahperhitungannilairerata.Hasilevaluasiolehreviewermenunjukkanbahwabahanajaryangdikembangkanmemenuhikriterialayakdenganskorrata-rata2.95.Berdasarkanhasilujikelayakanisimenunjukkanbahanajarmemenuhikreterialayakdenganskorrata-rata2.96danberdasarkanhasilujikelayakanpenyajianbahanajarmemenuhikreterianlayakdenganskorrata-rata2.87.Padapenelitianiniskalapenilaianyangdigunakanadalah14.Kelebihanbahanajariniadalahdalampembahasanmateridikaitkandengansainslingkunganteknologidanmasnyarakat.Selainitupemilihantemayangfamiliarmembuatpembelajaransiswalebihbermakna.Kekurangannyaadalahpadapemaduanmaterigeraklurusdancirimahklukhidup.Walaupunterdapatketerkaitanantarakeduamateritersebutnamunpemaduannyamasihperludikajikembali.