Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema gerak dan ciri kehidupan untuk SMP kelas VII / Melina Andriyani Riyanto

Main Author: Riyanto, Melina Andriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18242/
Daftar Isi:
  • KatakuncibahanajarIPAterpaduSalingtemasgerakdancirikehidupanBerdasarkansurveyterhadapbukuIPAterpaduyangberedarditokobukumenunjukkanbahwamateriIPAmasihdisajikansecaraterpisah-pisahantaramaterifisikakimiadanbiologi.BukuyangdigunakansiswadisekolahsudahberlabelIPAterpadunamunmateriyangdisajikandidalamnyamasihterpisah-pisah.HalinibelumsesuaidenganKTSP.KTSPsecaraimplisitmenyatakanbahwaIPAuntukjenjangSMP/MTsdisajiandalamIPAterpadu.BahanajarIPAterpadubelumtersediadilapanganmakatujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanbahanajarIPAterpaduberbasissalingtemasdanmenemukankelebihandankekuranganbahanajarIPAterpadu.ProdukpengembanganiniadalahbahanajarIPAterpaduberbasisSalingtemasdengantemagerakdancirikehidupanuntukSMPkelasVII.Penelitianinimenggunakanlangkah-langkahpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopmentRD)yangdikemukakanolehBorgdanGall(1978)yangtelahdimodifikasi.Kegiatanpenelitianpengembanganiniadalah(1)studipendahuluanyangmeliputistudipustakadansurveilapangandan(2)pengembanganbahanajarmeliputipembuatandraftpenilaianpakarrevisibahanajardanpenyempurnaanbahanajar.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaangketpenilaianbahanajarangketujikelayakanisidanangketujikelayakanpenyajian.Teknikanalisisyangdigunakanadalahperhitungannilairerata.Hasilevaluasiolehreviewermenunjukkanbahwabahanajaryangdikembangkanmemenuhikriterialayakdenganskorrata-rata2.95.Berdasarkanhasilujikelayakanisimenunjukkanbahanajarmemenuhikreterialayakdenganskorrata-rata2.96danberdasarkanhasilujikelayakanpenyajianbahanajarmemenuhikreterianlayakdenganskorrata-rata2.87.Padapenelitianiniskalapenilaianyangdigunakanadalah14.Kelebihanbahanajariniadalahdalampembahasanmateridikaitkandengansainslingkunganteknologidanmasnyarakat.Selainitupemilihantemayangfamiliarmembuatpembelajaransiswalebihbermakna.Kekurangannyaadalahpadapemaduanmaterigeraklurusdancirimahklukhidup.Walaupunterdapatketerkaitanantarakeduamateritersebutnamunpemaduannyamasihperludikajikembali.