Pengaruh penggunaan paket IPS terpadu berbasis konstruktuvisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Surinta Harko Miyangga
Main Author: | Miyangga, Surinta Harko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18241/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengaruhPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntukSatuanPendidikanDasardanMenengahsecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.HasilpengamatandiSMPNegeri2malangmenunjukkanbahwapembelajaranIPAmasihdisampaikansecaraterpisah-pisahdalamdisiplinilmufisikakimiadanbiologi.SalahsatupenyebabnyaadalahkarenaterbatasnyabahanajaryangmenyajikanIPAsecaraterpadu.Padatahun2009telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasamolehImroatulAuliayangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMP.Penelitianinibermaksudmengujipakettersebutsecaraempirik.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri2MalangTahunPelajaran2009/2010.SampelpadapenelitianiniadalahkelasVIIGdanVIIHyangdipilihsecaraacakkelompok.KelasVIIGberjumlah37siswadanditetapkansebagaikelaseksperimensedangkankelasVIIHberjumlah35siswadanditetapkansebagaikelaspembanding.InstrumenperlakuanpadapenelitianiniadalahPaketIPATerpaduBerbasisKonstruktivismedenganTemaHujanAsamyangdigunakansebagaibahanajaruntukpembelajaranIPApadaKelaseksperimensedangkankelaspembandingmendapatpembelajaranIPAdenganpaketIPAyangtelahditetapkansekolah.KeduakelasmemperolehmateriyangsamasesuaiSKdanKDIPAkelasVII.InstrumenpengukurankompetensiIPAberupapilihangandauntuksoaltesprestasibelajarsebanyak15butirdenganreliabilitas0526essayuntuksoalteskerjailmiahsebanyak10butirdenganreliabilitas067danskalasikapilmiahuntukmengukursikapilmiahsebanyak16butirdenganreliabilitas0802).Instrumendigunakanuntukpretestdanposttestpadakelaseksperimendankelaspembandingsetelahsebelumnyadiujikanpada101respondendandinyatakanvalidberdasarkantarafkesukarandayapembedadanvaliditas.UjihipotesisdilakukandenganUjiAnakovayangdilanjutkandenganujilanjutLSD(LeastSquareDifference).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorprestasibelajardankerjailmiahsiswakelaseksperimenlebihtinggidarikelaspembandingsedangkanskorsikapilmiahsiswakelaseksperimendankelaspembandingtidakadaperbedaan.UjiLSDmenunjukkanskorrata-rataprestasibelajarpadakelaseksperimenadalah10992sedangkanskorrata-rataprestasibelajarpadakelaspembandingadalah8065danuntukskorrata-ratakerjailmiahpadakelaseksperimenadalah21036sedangkanskorrata-ratakerjailmiahpadakelaspembandingadalah17105.