Pengaruh penggunaan paket IPS terpadu berbasis konstruktuvisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Surinta Harko Miyangga

Main Author: Miyangga, Surinta Harko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18241/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengaruhPaketIPATerpaduKompetensiIPA.PeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor22Tahun2006tentangStandarIsiuntukSatuanPendidikanDasardanMenengahsecarategasmenyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.HasilpengamatandiSMPNegeri2malangmenunjukkanbahwapembelajaranIPAmasihdisampaikansecaraterpisah-pisahdalamdisiplinilmufisikakimiadanbiologi.SalahsatupenyebabnyaadalahkarenaterbatasnyabahanajaryangmenyajikanIPAsecaraterpadu.Padatahun2009telahdikembangkanpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedengantemahujanasamolehImroatulAuliayangtelahdiujikelayakannyameliputipenilaianPaketIPATerpaduolehdosendangurusertaujiketerbacaanbukupanduansiswaolehsiswaSMP.Penelitianinibermaksudmengujipakettersebutsecaraempirik.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri2MalangTahunPelajaran2009/2010.SampelpadapenelitianiniadalahkelasVIIGdanVIIHyangdipilihsecaraacakkelompok.KelasVIIGberjumlah37siswadanditetapkansebagaikelaseksperimensedangkankelasVIIHberjumlah35siswadanditetapkansebagaikelaspembanding.InstrumenperlakuanpadapenelitianiniadalahPaketIPATerpaduBerbasisKonstruktivismedenganTemaHujanAsamyangdigunakansebagaibahanajaruntukpembelajaranIPApadaKelaseksperimensedangkankelaspembandingmendapatpembelajaranIPAdenganpaketIPAyangtelahditetapkansekolah.KeduakelasmemperolehmateriyangsamasesuaiSKdanKDIPAkelasVII.InstrumenpengukurankompetensiIPAberupapilihangandauntuksoaltesprestasibelajarsebanyak15butirdenganreliabilitas0526essayuntuksoalteskerjailmiahsebanyak10butirdenganreliabilitas067danskalasikapilmiahuntukmengukursikapilmiahsebanyak16butirdenganreliabilitas0802).Instrumendigunakanuntukpretestdanposttestpadakelaseksperimendankelaspembandingsetelahsebelumnyadiujikanpada101respondendandinyatakanvalidberdasarkantarafkesukarandayapembedadanvaliditas.UjihipotesisdilakukandenganUjiAnakovayangdilanjutkandenganujilanjutLSD(LeastSquareDifference).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorprestasibelajardankerjailmiahsiswakelaseksperimenlebihtinggidarikelaspembandingsedangkanskorsikapilmiahsiswakelaseksperimendankelaspembandingtidakadaperbedaan.UjiLSDmenunjukkanskorrata-rataprestasibelajarpadakelaseksperimenadalah10992sedangkanskorrata-rataprestasibelajarpadakelaspembandingadalah8065danuntukskorrata-ratakerjailmiahpadakelaseksperimenadalah21036sedangkanskorrata-ratakerjailmiahpadakelaspembandingadalah17105.