Penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari / Achmad Rizal

Main Author: Rizal, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18239/
Daftar Isi:
  • KatakuncigroupinvestigationprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeriSingosaridiketahuigurusudahmenggunakanpembelajaranyangmengarahpadakeaktifansiswayaitudenganmenggunakanmetodedemonstrasi.TetapidalammenggunakanmetodedemonstrasigurutidakmelibatkansiswasehinggaaktivitassiswatidakmunculselamaKBMberlangsung.Selainitukeaktifansiswasecarakeseluruhanmasihbelumterlihatdanmasihdidominasibeberapasiswasaja.Rata-rataprestasibelajarsiswajugamasihdiambangbatasnilaiminimumyangditentukansehinggagurumerasaperluuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIII-ESMPNegeriISingosaridenganmenerapkanmodelpembelajaranGI.Modelpembelajaraninimelibatkanaktivitassiswasecarapenuhsesuaitahap-tahapGIsehinggaaktivitassiswaakanterlihatdansiswabekerjasecarakelompokmencaribahanajarsecaramandirisehinggasiswamampumembangunkonsepsecaramandiri.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Sikluspenelitiandilakukanselamaduakalidengandisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-ESMPNegeriISingosaridenganjumlah36siswayangterdiridari19siswaputridan17siswaputra.PokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahAlatOptik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanaktivitassiswasetiaptahapanpembelajaranGIdiantaranyaadalahmeningkatnyaaktivitassiswadalamhalmenentukansubtopikdanpengorganisasiankedalamkelompokmerencanakanpencarianbahanajarsecaramandirimelaksanakanpencarianbahanajarsecaramandirimerencanakanpresentasimelaksanakanpresentasidanmengevaluasidenganpersentasepeningkatanrata-rataaktivitassiswasecarakeseluruhandarisiklusIkesiklusIIsebesar9%.SelainituterdapatpeningkatanprestasibelajardarisebelumpenelitiankesiklusIsebesar31%dandarisiklusIkesiklus2sebesar43%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwaaktivitasdanprestasibelajarsiswamengalamipeningkatanmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelgroupinvestigation(GI).