Penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri I Singosari / Achmad Rizal
Main Author: | Rizal, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18239/ |
Daftar Isi:
- KatakuncigroupinvestigationprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeriSingosaridiketahuigurusudahmenggunakanpembelajaranyangmengarahpadakeaktifansiswayaitudenganmenggunakanmetodedemonstrasi.TetapidalammenggunakanmetodedemonstrasigurutidakmelibatkansiswasehinggaaktivitassiswatidakmunculselamaKBMberlangsung.Selainitukeaktifansiswasecarakeseluruhanmasihbelumterlihatdanmasihdidominasibeberapasiswasaja.Rata-rataprestasibelajarsiswajugamasihdiambangbatasnilaiminimumyangditentukansehinggagurumerasaperluuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIII-ESMPNegeriISingosaridenganmenerapkanmodelpembelajaranGI.Modelpembelajaraninimelibatkanaktivitassiswasecarapenuhsesuaitahap-tahapGIsehinggaaktivitassiswaakanterlihatdansiswabekerjasecarakelompokmencaribahanajarsecaramandirisehinggasiswamampumembangunkonsepsecaramandiri.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Sikluspenelitiandilakukanselamaduakalidengandisertaiperbaikansetiapsiklusnya.Tahapanyangdigunakandalampenelitianadalahperencanaanpemberiantindakankelasobservasisertarefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-ESMPNegeriISingosaridenganjumlah36siswayangterdiridari19siswaputridan17siswaputra.PokokbahasanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahAlatOptik.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanaktivitassiswasetiaptahapanpembelajaranGIdiantaranyaadalahmeningkatnyaaktivitassiswadalamhalmenentukansubtopikdanpengorganisasiankedalamkelompokmerencanakanpencarianbahanajarsecaramandirimelaksanakanpencarianbahanajarsecaramandirimerencanakanpresentasimelaksanakanpresentasidanmengevaluasidenganpersentasepeningkatanrata-rataaktivitassiswasecarakeseluruhandarisiklusIkesiklusIIsebesar9%.SelainituterdapatpeningkatanprestasibelajardarisebelumpenelitiankesiklusIsebesar31%dandarisiklusIkesiklus2sebesar43%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwaaktivitasdanprestasibelajarsiswamengalamipeningkatanmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelgroupinvestigation(GI).