Penerapan the 5E learning cycle model dengan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 17 Malang / Evi Puji Astutik
Main Author: | Astutik, Evi Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18237/ |
Daftar Isi:
- KatakuncihasilbelajarpendekataninkuiriThe5ELearningCycleModelPelaksanaanpembelajaranyangdidominasigurudenganmetodeceramahkurangnyaketerlibatansiswadalampembelajaranrendahnyarata-ratanilaisiswadananggapanbahwafisikasulitmengakibatkanhasilbelajarsiswarendahhasilujianyangtidakmencapaiSKMjugamerupakansalahsatuindikatorhasilbelajarrendahpadaaspekkognitifnya.Siswamasihmenganggapbahwapelajaranfisikaadalahpelajaransulitpenuhhitungandanmenghafalrumus-rumus.Olehkarenaituperluadanyapenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkansemangatdanmelibatkansiswadenganobyeknyata(melakukanpercobaan).ModelpembelajarannyaadalahpenerapanThe5ELearningCycleModeldenganPendekataninkuiri.Penerapaniniterdiriatas5tahapanyaitupendahuluaneksplorasieksplanasielaborasidanevaluasiyangsetiaptahapanselalumelibatkansiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswa(aspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorik)siswadenganpenerapanThe5ELearningCycleModeldenganpendekataninkuiri.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-GSMPNegeri17Malangtahunajaran2009/2010berjumlah41siswa.Teknikanalisayangdigunakanadalahanalisisgainscoreternormalisasiuntukhasilbelajarsiswaaspekkognitifsedangkananalisishasilbelajaraspekafektifdanaspekpsikomotorikmenggunakanpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanThe5ELearningCycleModeldenganpendekataninkuiridalampembelajaranfisikadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaSMPNegeri17Malang.BerdasarkandatapadaSiklusIdanSiklusIIdiperolehpeningkatanhasilbelajar.Besarpeningkatanhasilbelajarnyapadaaspekkognitifgainscoremeningkat032aspekafektifmeningkatsebesar1750%danaspekpsikomotorikmeningkatsebesar1981%.