Penerapan the 5E learning cycle model dengan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 17 Malang / Evi Puji Astutik

Main Author: Astutik, Evi Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18237/
Daftar Isi:
  • KatakuncihasilbelajarpendekataninkuiriThe5ELearningCycleModelPelaksanaanpembelajaranyangdidominasigurudenganmetodeceramahkurangnyaketerlibatansiswadalampembelajaranrendahnyarata-ratanilaisiswadananggapanbahwafisikasulitmengakibatkanhasilbelajarsiswarendahhasilujianyangtidakmencapaiSKMjugamerupakansalahsatuindikatorhasilbelajarrendahpadaaspekkognitifnya.Siswamasihmenganggapbahwapelajaranfisikaadalahpelajaransulitpenuhhitungandanmenghafalrumus-rumus.Olehkarenaituperluadanyapenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkansemangatdanmelibatkansiswadenganobyeknyata(melakukanpercobaan).ModelpembelajarannyaadalahpenerapanThe5ELearningCycleModeldenganPendekataninkuiri.Penerapaniniterdiriatas5tahapanyaitupendahuluaneksplorasieksplanasielaborasidanevaluasiyangsetiaptahapanselalumelibatkansiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswa(aspekkognitifaspekafektifdanaspekpsikomotorik)siswadenganpenerapanThe5ELearningCycleModeldenganpendekataninkuiri.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVII-GSMPNegeri17Malangtahunajaran2009/2010berjumlah41siswa.Teknikanalisayangdigunakanadalahanalisisgainscoreternormalisasiuntukhasilbelajarsiswaaspekkognitifsedangkananalisishasilbelajaraspekafektifdanaspekpsikomotorikmenggunakanpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanThe5ELearningCycleModeldenganpendekataninkuiridalampembelajaranfisikadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaSMPNegeri17Malang.BerdasarkandatapadaSiklusIdanSiklusIIdiperolehpeningkatanhasilbelajar.Besarpeningkatanhasilbelajarnyapadaaspekkognitifgainscoremeningkat032aspekafektifmeningkatsebesar1750%danaspekpsikomotorikmeningkatsebesar1981%.