Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang / Arif Raharjo

Main Author: Raharjo, Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18235/
Daftar Isi:
  • Kata-katakunciMotivasiPrestasiBelajarKooperatifModelSTADHasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalangmenunjukkanbahwapembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdanjarangsekaligurumelakukandiskusikelompok.Disisilainmotivasidanprestasibelajarsiswarendahhaliniterlihatpadasaatgurumenjelaskanmateripelajaransebagianbesarsiswatidakmemperhatikanpenjelesangurusiswaterlihatkurangaktifdalamhalbertanyamaupunmenjawabmateripelajaransiswakurangmemilikiliteraturyangdibawadiadalamkelasuntukmenunjangpemahamansiswatentangmaterifisikayangdiajarkandannilairata-rataulanganhariansiswamasihdibawahSKMyangditentukanolehSMPNegeriIMalang.Prosespembelajarandikelasdapatdikatakantuntasbelajarbila85%siswanyatuntasbelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Bertolakdarifenomenayangditemukandilapanganpenelitikemudianmerumuskanbeberapapermasalahanyaitu(1)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalang(2)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalangMetodepenelitianyangdigunakandalampenelitianinipenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatifdatayangdikumpulkanberupakata-kataatauangkayangdijabarkandalamkalimat.Penelitiandifokuskanpadamotivasidanprestasibelajaryangdilakukandengan2siklustindakan.Prestasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakantesyangberbentukuraiantesinidilaksanakansetiapakhirsiklus.Sedangkanmotivasibelajardiukurdenganmenggunakaninstrumenberupalembarobservasimotivasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganmodelSTADsecarakeseluruhandapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalang.Halinididukungolehhasilanalisislembarobservsimotivasibelajaryangmengalamipeningkatandarisebelumdiberitindakandansetelahdiberitindakan.Haltersebutditunjukkandengansiswasudahmulaiteradaptasidanmengikutipolapembelajaranyangditerapkanolehpenelitidilapangankeberaniansiswauntukbertanyajugameningkat.Reratapersentasekeberhasilantindakanmengalamipeningkatanpadamotivasibelajarsiswasebanyak197%.Sedangkanuntukprestasibelajarjugamengalamipeningkatanprestasibelajarsiswadari70%tuntasbelajarkelaspadasikluskeduamenjadi975%tuntasbelajarkelasdanpersentaseinisudahmelebihidaristandartuntasbelajaryaitu85%