Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achiement division (Stad) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Malang / Arif Raharjo
Main Author: | Raharjo, Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18235/ |
Daftar Isi:
- Kata-katakunciMotivasiPrestasiBelajarKooperatifModelSTADHasilobservasidanwawancaradengangurufisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalangmenunjukkanbahwapembelajaranfisikamasihseringmenggunakanmetodeceramahdanjarangsekaligurumelakukandiskusikelompok.Disisilainmotivasidanprestasibelajarsiswarendahhaliniterlihatpadasaatgurumenjelaskanmateripelajaransebagianbesarsiswatidakmemperhatikanpenjelesangurusiswaterlihatkurangaktifdalamhalbertanyamaupunmenjawabmateripelajaransiswakurangmemilikiliteraturyangdibawadiadalamkelasuntukmenunjangpemahamansiswatentangmaterifisikayangdiajarkandannilairata-rataulanganhariansiswamasihdibawahSKMyangditentukanolehSMPNegeriIMalang.Prosespembelajarandikelasdapatdikatakantuntasbelajarbila85%siswanyatuntasbelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatuaspekyangberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Bertolakdarifenomenayangditemukandilapanganpenelitikemudianmerumuskanbeberapapermasalahanyaitu(1)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalang(2)ApakahpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanprestasibelajarfisikasiswakelasVIII-DSMPNegeriIMalangMetodepenelitianyangdigunakandalampenelitianinipenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatifdatayangdikumpulkanberupakata-kataatauangkayangdijabarkandalamkalimat.Penelitiandifokuskanpadamotivasidanprestasibelajaryangdilakukandengan2siklustindakan.Prestasibelajarsiswadiukurdenganmenggunakantesyangberbentukuraiantesinidilaksanakansetiapakhirsiklus.Sedangkanmotivasibelajardiukurdenganmenggunakaninstrumenberupalembarobservasimotivasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranfisikadenganmodelSTADsecarakeseluruhandapatmeningkatkanmotivasibelajarfisikakelasVIII-DSMPNegeriIMalang.Halinididukungolehhasilanalisislembarobservsimotivasibelajaryangmengalamipeningkatandarisebelumdiberitindakandansetelahdiberitindakan.Haltersebutditunjukkandengansiswasudahmulaiteradaptasidanmengikutipolapembelajaranyangditerapkanolehpenelitidilapangankeberaniansiswauntukbertanyajugameningkat.Reratapersentasekeberhasilantindakanmengalamipeningkatanpadamotivasibelajarsiswasebanyak197%.Sedangkanuntukprestasibelajarjugamengalamipeningkatanprestasibelajarsiswadari70%tuntasbelajarkelaspadasikluskeduamenjadi975%tuntasbelajarkelasdanpersentaseinisudahmelebihidaristandartuntasbelajaryaitu85%