Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Helmid Hiteria
Main Author: | Hiteria, Helmid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/18234/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPaketIPATerpadupestisidakompetensiIPAIPAdiperlukandalamkehidupansehari-hariuntukmemenuhikebutuhanmanusiamelaluipemecahanmasalah-masalahyangdihadapi.DalamPeraturanMenteriPendidikanNasionalnomor22tahun2006secarategasdinyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.NamunhasilwawancaradenganguruIPASMPNegeri10MalangmenunjukkanbahwagurumerasakesulitandalammenerapkankurikulumbaruyangditetapkanolehpemerintahkarenaIPAharusdisajikansecaraterpaduyangmeliputiFisikaKimiadanBiologi.UntukmengatasikesulitaninitelahdibuatpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganbeberapatemasalahsatunyabertemaPestisida.NamunpaketIPATerpadudengantemaPestisidainibelumditerapkandalampembelajaransehinggabelumdiketahuiapakahpaketIPATerpadudengantemaPestisidadapatmeningkatkankompetensiIPAsiswaatautidak.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanpaketIPATerpadudengantemapestisidaterhadapkompetensiIPAyangmeliputiprestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiahuntuksiswaSMPNegeri10Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign)dengansampelpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasVIISMPNegeri10Malang.Jeniseksperimensemuyangdigunakanadalahthepretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahclusterrandomsampling.Banyaknyasampelpenelitian72siswayangterdiridariduakelasyaitu36siswakelaseksperimendan36siswakelaskontrol.InstrumenperlakuanmeliputipaketIPATerpaduyangmeliputipaketuntuksiswadanpanduanguru.DalampenelitianiniinstrumenpengukuranberupatestertulisuntukmengukurkompetensiIPAsiswayangmeliputiprestasibelajardankerjailmiahsedangkanuntuksikapilmiahdigunakanskalasikap.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahujianakovadanujilanjutLSD(LeastSquareDifference).BerdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovadiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanprestasibelajardankerjailmiahpadatemapestisidaantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPATerpadudansiswayangmendapatpembelajaransecarakonvensional.HasilujilanjutLSDmenyatakanbahwanilairata-rataprestasibelajardankerjailmiahkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Sedangkanuntuksikapilmiahberdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovatidakadaperbedaansehinggatidakdilakukanujilanjut.