Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Helmid Hiteria

Main Author: Hiteria, Helmid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/18234/
Daftar Isi:
  • KatakunciPaketIPATerpadupestisidakompetensiIPAIPAdiperlukandalamkehidupansehari-hariuntukmemenuhikebutuhanmanusiamelaluipemecahanmasalah-masalahyangdihadapi.DalamPeraturanMenteriPendidikanNasionalnomor22tahun2006secarategasdinyatakanbahwasubstansimatapelajaranIPApadaSMP/MTsmerupakanIPATerpadu.NamunhasilwawancaradenganguruIPASMPNegeri10MalangmenunjukkanbahwagurumerasakesulitandalammenerapkankurikulumbaruyangditetapkanolehpemerintahkarenaIPAharusdisajikansecaraterpaduyangmeliputiFisikaKimiadanBiologi.UntukmengatasikesulitaninitelahdibuatpaketIPATerpaduberbasiskonstruktivismedenganbeberapatemasalahsatunyabertemaPestisida.NamunpaketIPATerpadudengantemaPestisidainibelumditerapkandalampembelajaransehinggabelumdiketahuiapakahpaketIPATerpadudengantemaPestisidadapatmeningkatkankompetensiIPAsiswaatautidak.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanpaketIPATerpadudengantemapestisidaterhadapkompetensiIPAyangmeliputiprestasibelajarkerjailmiahdansikapilmiahuntuksiswaSMPNegeri10Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign)dengansampelpenelitianyangdigunakanadalahsiswakelasVIISMPNegeri10Malang.Jeniseksperimensemuyangdigunakanadalahthepretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahclusterrandomsampling.Banyaknyasampelpenelitian72siswayangterdiridariduakelasyaitu36siswakelaseksperimendan36siswakelaskontrol.InstrumenperlakuanmeliputipaketIPATerpaduyangmeliputipaketuntuksiswadanpanduanguru.DalampenelitianiniinstrumenpengukuranberupatestertulisuntukmengukurkompetensiIPAsiswayangmeliputiprestasibelajardankerjailmiahsedangkanuntuksikapilmiahdigunakanskalasikap.AnalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahujianakovadanujilanjutLSD(LeastSquareDifference).BerdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovadiperolehhasilbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanprestasibelajardankerjailmiahpadatemapestisidaantarasiswayangmendapatpembelajaranmenggunakanpaketIPATerpadudansiswayangmendapatpembelajaransecarakonvensional.HasilujilanjutLSDmenyatakanbahwanilairata-rataprestasibelajardankerjailmiahkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Sedangkanuntuksikapilmiahberdasarkanhasilujianalisisdatamenggunakananakovatidakadaperbedaansehinggatidakdilakukanujilanjut.